Kunjungi Indonesia, Raja Swedia Fokus dalam Investasi Perdagangan

Raja Swedia Carl XVI Gustaf beserta Ratu Silvia hari ini, Senin (22/5/2017), akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan ini akan dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Melansir informasi dari laman Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia, Senin (22/5/2017), kunjungan kenegaraan ini merupakan kesempatan untuk memperkuat hubungan politik, ekonomi, dan budaya antara Swedia dan Indonesia dalam jangka panjang. Adapun fokus utama dari kunjungan ini adalah pada sektor perdagangan, penelitian, hingga inovasi.

Kunjungan Raja Swedia ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam berbagai bidang, terutama di sektor ekonomi, perdagangan, energi, riset, dan teknologi.

“Fokus utama dari kunjungan Raja Swedia yaitu bertujuan untuk menjalin kerjasama khususnya dalam bidang ekonomi atau investasi perdagangan. Selain itu diharapkan ada beberapa perjanjian yang bisa dicapai yaitu seperti perjanjian bebas visa kemudian di bidang ekonomi kreatif,” ujar Direktur Eropa II Tyas Baskoro Her Witjaksono Adji dalam press briefing Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Swedia, Bagas Hapsoro, mengatakan daya tarik utama Indonesia di mata Raja Carl adalah faktor alamnya.

“Raja Swedia memiliki ketertarikan pribadi terhadap lingkungan hidup, kehutanan, dan terumbu karang. Raja Carl berharap bisa menjalin kerjasama di bidang itu. Sebagaimana diketahui, Bapak Presiden kita merupakan lulusan kehutanan. Jika kesepakatan mengenai lingkungan hidup bisa tercapai, maka perhatian Swedia terhadap negara-negara yang memiliki hutan luas pasti akan lebih besar,” papar Bagas.

Ini merupakan kunjungan yang pertama kali dilakukan oleh Raja Swedia dengan statusnya sebagai kepala negara setelah 65 tahun menjalin hubungan bilateral. Pada 2012, Raja Carl menyambangi Indonesia sebagai Kepala Pandu Dunia.

Seperti diketahui, kegiatan Raja Carl di Indonesia akan diawali dengan mengunjungi Istana Bogor untuk bertemu Presiden Jokowi. Selanjutnya, Raja Swedia akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata dan Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR). Raja Carl diketahui memiliki kecintaan dan ketertarikan terhadap masalah lingkungan hidup serta kehutanan.

Setelah itu, sang raja akan mengunjungi kawasan Kota Tua Jakarta dan menghadiri pertemuan Forum Bisnis Eksekutif Indonesia-Swedia. Selain Bogor dan Jakarta, Raja Carl juga akan mengunjungi Bandung. Di Kota Kembang, beliau akan bertandang ke Institut Teknologi Bandung (ITB), dilanjutkan makan siang bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan mengunjungi Museum Konferensi Asia-Afrika. @SAMSUL