RSUD Malingping Komitmen Selenggarakan Pelayanan Bermutu Tinggi

majalahteras.com – Tidak mudah untuk mendirikan RSUD tipe C ini. Sejak awal berdirinya, berbagai rintangan dan hambatan serta selalu mendapat sorotan tajam berbagai elemen masyarakat Lebak Selatan,namun berkat kegigihan manajemen RSUD sekarang jauh lebih baik dari dulu.

Sejak berdirinya RSUD Malingping pada tahun 2005, diusia 12 tahun ini, perkembangan dan pertumbuhan berkaitan program pelayanan cukup memuaskan masyarakat Banten Selatan khususnya Kabupaten Lebak bagian selatan. Peningkatan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) pun selalu mengalami kenaikandari  tahun ke tahun.

“Tahun 2018 dibangunnya sarana gedung baru RSUD yang berkepasitas cukup baik akan menjawab tantangan kedepan sehingga bisa mengakomodisasi semua pelayanan yang optimal bagi masyarakat L ebak Selatan,” ujar Direktur RSUD Malingping, dr. Danang Hermansyah Nugroho, M.Kes.

Menurut Danang, di tahun 2018 RSUD Malingping memiliki program yang mulia dalam rangka meningkatkan pelayanan. Oleh sebab itu RSUD Malingping memiliki visi RSUD Malingping menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan terdepan dan berkualitas bagi masyarakat dan wisatawan di Banten Selatan.

Sementara itu, misi RSUD malingping adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan rujukan yang bermutu dengan spesialisasi yang memenuhi standar yang memuaskan pelanggan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir secara selektif dan tepat guna, menjunjung tinggi hukum dan etika dengan tetap melaksanakan fungsi sosial dan upaya kesehatan perorangan di wilayah Banten Selatan.

Selain itu juga meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana prasarana pelayanan kesehatan serta pemanfaatan yang optimal sesuai standar kelas C dengan unggulan pelayanan kedokteran bagi parawisata seperti  hiperbarik dan trauma center. Meningkatkan jumlah kemampuan dan keterampilan SDM kesehatan dan non kesehatan agar seluruh SDM memenuhi kualifikasi yang sesuai standar. Menciptakan lingkungan RSUD yang bersih, aman, nyaman, asri dan sehat yang mampu meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan serta menunjang unsur pelayanan kedokteran bagi wisatawan.

Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, sehingga mampu mengakomodir seluruh jajaran organisasi dalam mencapai kepuasan pelanggan yang menjadi tujuan pokok rumah sakit pada umumnya. Mengupayakan pelaksanaan pelayanan dengan acuan dasar kepada falsafah  efisiensi biaya (costcontaintmement) tanpa harus mengorbankan kualitas pelayanan itu sendiri. Mewujudkan sistem dan lingkungan RSUD yang bermutu sebagai tempat pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan bagi tenaga kesehatan dan non kesehatan untuk keperluan internal dan eksternal.

Selanjutnya, nilai-nilai dasar Provinsi Sejuta Santri adalah sistem menggunakan standar tertinggi dalam setiap propesi, visioner, berwawasan luas dalam memandang dan memecahkan persoalan dengan tujuan yang mulia, simpatik, mengutamakan kesan menghargai dan ramah terhadap insan, memiliki loyalitas terhadap tujuan instansi, jujur, dan memiliki integritas yang terpuji sehingga tidak melakukan perbuatan tercela dan juga harus bertanggung jawab melakukan perbuatan sebagai perwujudan kesadaran sesuai kewajiban.

Pada tahun 2018 RSUD Malingping siap melayani spesialistik, diantaranya adalah:

  1. Pelayanan spesialistik dasar, diantaranya Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Bedah, Spesialis Kebidanan dan Kandungan serta Spesialis Anak.
  2. Spesialis penunjang, diantaranya Spesialis Radiologi (Rontgen USGA) dan Spesialis Patologi Klinis (Laboratorium).
  3. Spesialis lain, diantaranya pelayanan spesialis THT, Mata, Bedah Mulut, dan Anaestesi.
  4. Perlengkapan lainnya, termasuk Dokter Umum dan Gigi, IGD, Poliklinik, Apotek, Rawat Inap, Instalasi Bedah, Ambulance dan mobil zenajah.

Sebagai penunjang di RSUD Malingping, menurut Danang, dipacu dengan adanya infrastruktur yang memadai. Mendukung fasilitas gedung baru akan ikut serta memudahkan pelayanan yang terikat bagi pelanggan, serta kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan di RSUD Malingping selama tahun 2017 sangat memuaskan semua pihak. Dan juga kegiatan Capacity Building, serta bidang penunjang dan kegiatan pelatihan BHD bidang pelayanan dan bidang perawatan.

Danang menjelaskan, RSUD Malingping sedang melakukan persiapan proses akreditasi dan sedang menyusun Pokja kebijakan pendataan logistik/staf RSUD Malingping . Artinya, akreditasi yang disetujui adalah akreditasi perdana.

“Tujuan kegiatan di RSUD Malingping agar pelayanan secara menyeluruh sesuai dengan standar nasional. Sebagai ketua Pokja di RSUD Malingping adalah dr.Sobran,” pungkasnya. (ADV_Tb.Ujang Iskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *