Wujud Peduli Lingkungan, Lurah Kaligandu Ajak Warga Bersihkan Saluran Air

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Mengantisipasi datangnya musim penghujan warga masyarakat Taman Mutiara Indah I (TMI) RT. 006 RW, 16,17 dan 18 Kelurahan Kaligandu Kota serang bahu membahu melakukan kerja bakti membersihkan saluran selokan air yang sering tersumbat saat musim penghujan, sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar. Akibatnya, bisa meluap hingga membanjiri rumah warga. Sabtu (20/1/2024).

Kepala Kelurahan Kaligandu Kota Serang, Agus Danirahman, S.A.P turun langsung ke lokasi. Di sela-sela kegiatan, saat di wawancara Agus mengatakan, semua warga harus saling menjaga lingkungan Bersama.

“Perumahan ini milik kita Bersama. Untuk itu mari kita jaga bersama dan mengajak kepada RW dan RT yang merupakan pengurus lingkungan sigap mengerahkan warganya untuk melakukan gotong-royong,” katanya.

Baca Juga  Covid-19 Meningkat Tajam, Pemkot Tangsel Perketat PPKM Mikro

Menurutnya, keterlibatannya dalam kegiatan seperti ini bukan untuk pencitraan tetapi kehadirannya untuk memberi contoh yang baik sekaligus wujud kepeduliannya sebagai perangkat daerah.

“Sehingga dalam hal ini sangat bertanggung jawab kepada warga. Bagaimana kita menghargai masyarakat agar masyarakat merasa dilindungi. Kami juga meminta kepada Pengurus RW dan RT untuk segera berkoordinasi jika ada keluhan dari warga, adapun yang berkaitan dengan program pemerintah akan berkoordinasi kepada dinas terkait,” ungkapnya.

Agus menambahkan, memang betul kerja bakti ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada lingkungan agar tetap terjaga kebersihanya.

“Kepada warga Masyarakat, khususnya warga Perumahan Taman Mutiara Indah I, kerja bakti kali ini bukan akhir tetapi awal sehingga akan berkelanjutan. Seringnya kerja bakti dan gotong royong maka akan terhindar dari musibah banjir,” pungkasnya.

Baca Juga  1816 Peserta CPNS Kanwil Kemenkumham Banten Ikuti Tahapan Seleksi dengan Tertib

Di tempat yang sama, Sarnama didampingi Jayadi Ketua RW 16 dan 17 mengatakan, kegiatan kerja bakti kali ini difokuskan untuk membersihkan saluran selokan air dari puing-puing, batu besar, lumpur, sampah dan tumbuhan liar yang dapat mengakibatkan aliran air tersumbat menjadi tidak lancar.

“Adanya kerja bakti ini diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya luapan air saat musim penghujan sehingga tidak mengakibatkan banjir. Penyebab terjadinya banjir karena adanya pendangkalan pada saluran selokan, sehingga perlu dikeruk, dan ini butuh alat. Saat ini kita sudah berupaya maksimal membersihkan puing-puing dan batu besar. Semoga saja saat hujan tidak lagi membanjiri rumah warga,” jelasnya.

Baca Juga  DPRD Fraksi PKB Gelar Vaksinasi Massal di Solear

Ia juga menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Kepala Kelurahan yang ikut berpartifipasi aktif dalam kegiatan ini.

“Meskipun di hari libur bisa menyempatkan hadir di tengah Masyarakat. Itu artinya sikap kepedulian mereka terhadap warga dan lingkungan begitu besar. Untuk itu kami selaku pengurus RW.16, RW.17 dan RT.006 untuk terus melakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan karena ini merupakan tugas dan tanggung jawab kami selaku kepanjangan tangan dari Kelurahan untuk melayani warga masyrakat,” katanya.

“Ke depannya, seluruh warga masyarakat Taman Mutiara Indah I bisa terlibat dan berpartisipasi dalam melalukan kerja bakti sehingga melalui kerja bakti dan gotong royong akan tercipta lingkungan yang bersih, sehat terhindar dari segala panyakit,” harapnya.@Juanda