Anies Baswedan: PAUD Karakter Semua Manusia Tumbuh

Majalahteras.com – Fase pendidikan yang paling penting adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Karena itu PAUD juga membutuhkan perhatian yang besar. Kualitas anak sangat tergantung pendidikan PAUD. Ini merupakan saat paling tepat membentuk karakter anak agar menjadi orang yang tidak hanya pandai dari segi akademis, tapi juga berkepribadian baik.

Dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan saat meresmikan Gedung PAUD di Kemendikbud, Oxford baru saja mengeluarkan studi bahwa untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi itu perbaiki PAUD-nya. Investasi pendidikan yang menghasilkan pengembalian terbesar adalah investasi di pendidikan usia dini.

“Rp1 miliar yang dialokasikan ke PAUD lebih besar investasinya ketimbang yang dialokasikan ke pendidikan tinggi. Karena di Paud itulah semua karakter manusia ditumbuhkan,” terangnya.

Karena itulah sangat penting memberikan fokus pada pendidikan di usia dini. Dalam kesempatan tersebut, Mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut juga berharap bahwa bukan hanya sekolah-sekolah menengah yang memiliki fasilitas yang bagus.

“Tapi PAUD juga boleh memiliki fasilitas yang bagus. Bukan hanya fisiknya yang bagus, tapi bunda-bunda PAUD-nya juga harus bagus dan pendidiknya juga bagus,” tambahnya. @AANG