3 Makam di Banten Cocok untuk Ziarah Jelang Ramadan

Menjelang bulan Ramadan banyak umat muslim meluangkan waktu berkunjung ke makam ulama atau tokoh penyiaran agama. Nah, salah satu yang banyak spot wisata religi berlokasi di Banten, Jawa Barat.

Ya, Banten memang menjadi tempat paling banyak ditemukan masyarakat yang memiliki agama Islam. Mereka pun hidup dengan damai, dan di sinilah banyak penyiar agama yang meninggal, dan dimakamkan di Banten.

Okezone pun sudah merangkumnya seperti berikut ini.

Makam Sultan Maulana Hasanuddin

Makam ini merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Sebab, melihat sejarahnya, Sultan Maulana Hasanuddin memiliki andil yang besar untuk menyiarkan agama Islam saat itu.

Area makam berlokasi di gedung-gedung kuno, di mana ada pendopo, mercusuar bernuansa zaman penjajahan, dan rumah kecil bernuansa kolonial merupakan pemandangan yang didapat saat berada di sana.

Makam Syekh Muhammad Sholeh

Makam ini juga cukup populer di kalangan wisatawan karena legenda dari sosok Syekh Muhammad Sholeh sendiri ketika masih hidup.

Dulu terdengar kabar jika seorang santri dari Sunan Ampel tersebut bisa berubah menjadi seekor ayam jago. Walaupun belum terbukti, namun cerita itu banyak mengundang antusiasme wisatawan.

Komplek Sultan Maulana Yusuf

Kawasan ini juga menjadi magnet bagi penjiarah nusantara khususnya warga Banten. Sebab, semasa hidup Sultan Maulana Yusuf berperan besar bagi masyarakat Banten.

Di mana, Sultan memajukan perekonomian masyarakat ketika dijajah Belanda. Oleh sebabnya, warga menjadikan komplek tersebut sebagai makam kerajaan. @samsul