Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Banten Sejak 14 April 1966-14 April 2021 55 Tahun Membangun Banten Indonesia

oleh
oleh -

Oleh : M Asep Rahmatullah

Dosen Fai Universitas Islam Syekh Yusuf

Universitas adalah suatu lembaga institusi pendidikan tinggi , dan penelitian yang memberikan gelar akademis dalam berbagai bidang keilmuan. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa latin, yaitu universitas magistrorum et scholarium, yang berarti “komunitas guru dan akademisi”. Pendahulu universitas sudah ada lama di Asia dan Afrika, akan tetapi sistem universitas modern berakar pada universitas Abad Pertengahan di Eropa, yang diciptakan di Italia dan pada dasarnya berakar pada Sekolah Kristen untuk pendeta di masa Abad Pertengahan Tinggi.

Di masa modern, arti kata ini telah berubah menjadi “sebuah institusi pendidikan tinggi yang menawarkan pengajaran dalam bidang-bidang nonvokasi dan biasanya memiliki kekuasaan untuk memberikan gelar”. Menurut Ensiklopedia Britannica, nenek moyang universitas berada di Asia dan Afrika dan sudah ada lebih dahulu daripada universitas-universitas Abad Pertengahan di Eropa. Beberapa orang menganggap Universitas Al Quaraouiyine yang didirikan di Maroko oleh Fatima Al-Fihri pada tahun 859 adalah universitas pemberi gelar paling tua di dunia.

Ada beberapa kesamaan antara universitas-universitas awal yang didirikan di daerah sekitar Laut Mediterania dengan madrasah dalam Islam. Perbedaannya, madrasah biasanya lebih kecil dan yang memberikan gelar biasanya adalah guru-guru dalam madrasah itu sendiri dan bukan madrasahnya. Sejarawan-sejarawan seperti Arnold H. Green dan Hossein Nasr berargumen bahwa pada awal abad ke-10, ada beberapa madrasah Islam yang berubah menjadi universitas.

Namun, sejarawan lain seperti George Makdisi, Toby Huff dan Norman Daniel berpendapat bahwa universitas gaya Eropa tidak memiliki kesamaan dengan apa pun yang berada dalam dunia Islam Abad Pertengahan. Ada ilmuwan lain yang berpendapat bahwa konsep universitas memang asli berasal dari Eropa, baik dalam sejarah, maupun dalam karakteristik. Darleen Pryds mempertanyakan hal ini dan menunjukkan bahwa berbagai madrasah dan universitas Eropa di daerah Laut Mediterania memiliki karakteristik yang mirip, yaitu sama-sama mendapatkan pendanaan dari kaum bangsawan dan diciptakan untuk menyuplai birokrat-birokrat lokal yang setia pada agenda pemerintahan.

Baca Juga  Orang Tanpa Gejala Corona dan Potensi Generasi Paranoid Dalam Dilema Keterbukaan Informasi Publik

Ada juga ilmuwan-ilmuwan, termasuk Makdisi, yang berargumen bahwa universitas-universitas Abad Pertengahan awal terpengaruh dengan madrasah-madrasah di Al-Andalus, di Keamiran Sisilia, serta madrasah-madrasah di Timur Tengah pada saat Perang Salib. Namun, Norman Daniel mengatakan bahwa klaim ini berlebihan. Roy Lowe serta Yoshihito Yasuhara juga belakangan ini menggunakan dokumen-dokumen yang menunjukkan pengaruh pembelajaran dunia Islam pada universitas-universitas di Eropa Barat, agar para sejarawan dapat mempertimbangkan kembali pengembangan pendidikan tinggi, antara lain dengan cara menjauhkan pandangan mereka dari struktur pendidikan tinggi lokal ke konteks yang lebih global. (Wikipedia)

Terlepas dari perdebatan sejarah univeritas diatas, bahwa Univeritas Islam Syekh Yusuf lahir dari sejak tanggal 14 April, tahun 1966 merupakan salah satu kampus atau Universitas Islam pertama yang berada di kota Tangerang Banten. Kehadiran Universitas Islam Syekh Yusuf tidak lepas dari sejarah perjuangan yang begitu panjang seorang ulama besar Syekh Yusuf Al-Makkasari yang datang dari Makassar ke tanah Banten.

Syekh Yusuf di panggil oleh Sultan Ageng Tirtayasa ke tanah banten, dengan di berikan tugas khusus yaitu untuk memberikan pengajaran, pendidikan dan pembinaan terhadap masyarakat Banten di kesultanan Islam Banten. Beliau mengajarkan berbagai disiplin ilmu agama di pemerintahan Islam Banten. Syekh yusuf juga seorang mufti, mujadid, mujahid dan mujtahid pada zamannya.

Oleh karena itu, berkat jasa dan perjuangnnya yang begitu besar terhadap agama, bangsa dan negara dari ancaman kolonialis dan imperialis bangsa-bangsa eropa, maka namanya di abadikan di kampus Univeritas Islam Syekh Yusuf yang berada di kawasan jalan babakan cikokol kota tangerang Banten.

Baca Juga  Jurnalisme Profetik dan Misi Suci Firdaus

Dalam perkembangannya, Universitas Islam Syekh Yusuf sudah memberikan kerja, peran dan kontribusi besar bagi masyarakat Banten di dunia pendidikan tinggi Islam. walupaun dalam dinamikanya UNIS mengalami pasang surut dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan tinggi di provinsi Banten.

Univeritas Islam Syekh Yusuf sebagai laboratorium pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga univeritas/ kampus Islam Syekh Yusuf ini sebagai lembaga/ institusi yang mampu mengembangka ilmu pengetahuan secara holistik, baik itu dimensi ilmu agama, pendidikan, politik, ekonomi, sosial, hukum, teknologi informasi dan sains.

Sehingga di kampus Universitas Islam Syekh Yusuf memiliki berbagai jurusan atau fakultas, baik itu fakultas agama Islam (FAI), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum (FH), Fakultas tekhnik (FT), Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP), Serta pascasarjana Magsiter s2 Hukum dan Manajemen.

Kemudian juga, tempat pengembangan diri mahasiswa-mahasiswi baik itu bakat, minat dan potensinya yang di miliki oleh para dosen dan mahasiswa-mahasiswi. Sebagaimana pesan firman Allah di dalam surat Al-Isra yang berbunyi :

Artinya :“Katakanlah Muhammad, setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing. Maka, Rabbbmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.” (QS Al-Isra ayat 84)

Selanjutnya, di Univeritas Islam Syekh Yusuf terdapat wadah organisasi internal di dalam kampus unit kegiatan mahasiswa (UKM) untuk mengembangankan seluruh kemampuan bakat, minat dan potensi yang di miliki oleh para mahasiswa-mahasiswi UNIS. Ada UKM Syamil, UKM Imafo, UKM SEC, USB, UBC,Jurnalistik, kemudian juga ada Badan eksekutif mahasiswa (BEM) Universitas dan Fakultas, himpunan mahasiswa jurusan (HMJ).

Serta orgnanisasi eksternal di luar kampus seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhamamdiyah ( IMM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) HIKMA BUDHI.

Baca Juga  Legal Standing Wartawan dan Advokat Sebagai Pemohon Informasi Publik

Universiats Islam Syekh Yusuf telah meluluskan ribuan mahasiswa-mahasiswi yang tersebar di seluruh provinsi Banten dan indonesia. Lulusannya sudah banyak yang bekerja dan berkiprah di dunia kegamaan islam, advokat hukum/ pengacara, birokrasi pemerintahan, pendidikan, perusahaan dan perdagangangan, pengusaha perofesional atau wiraswasta.

Pada momentum milad Universiats Islam Syekh Yusuf yang 55 tahun ini, sudah saatanya seluruh elemen keluarga besar civitas akademik Universitas Islam Syekh Yusuf melakukan evaluasi dan intropeksi diri dalam menyelenggrakan pendidikan di perguruan tinggi Islam.

Universiats Islam Syekh Yusuf sebagai basis laboratorium pendidikan Islam harus mampu membaca dan menganalisa SWOT, Streng (kelebihan), Weeknes (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Treatment (tantangan) perkembangan zaman ke depannya. Selain itu juga harus mampu membuat manajemen yang kuat dan mandiri baik secara perencanaan (Planning, Organisasi (Organizing), Aksi (Actuating), dan Pengawasan/ kontrol (Controling), atau di singkat POAC.

Perguruan tinggi Islam juga merupakan suatu lembaga yang memiliki nilai-nilai spirit religiusitas, inteletuaitas, sosial humanitas, integritas, kapablitas, dan konstruktif untuk membangun suatu agama, bangsa dan negara, karena di Univeritas Islam Syekh Yusuf ini tempat pendidikan, penelitian dan pengabdian untuk kemajuan dan peradaban bangsa.

Maka, sudah saatnya Univeritas Islam Syekh Yusuf Tangerang selalu berbenah diri untuk meningkatkan kualitas lulusannya untuk melakukan pembaharuan pemikiran pengabdian dan pencerahan kepada masyarakat luas.

Semoga di usia yang ke 55 tahun ini kampus Univeritas Islam Syekh Yusuf Tangerang menjadi kampus kebanggan masyarakat Banten, yang dimana pada momentum Milad yang 55 ini bertepatan dengan bulan suci ramadhan 1442 Hijriyah yang penuh dengan spirit keislaman, keberkahan dan kesucian.

Semoga Univeritas Islam Syekh Yusuf mampu bangkit, berjaya dan maju ke depannya. Amin allahumma amin