Telaga Biru Cisoka Banten: Memanjakan Mata dengan Birunya Telaga

Majalahteras.com – Wisata Telaga Biru Cisoka Banten merupakan salah satu destinasi objek wisata Banten yang patut untuk dikunjungi dan bisa digunakan untuk sejenak menghilangkan kepenatan aktifitas sehari-hari. Untuk para wisatawan yang tinggal di daerah Banten dan Jakarta kini tidak perlu jauh-jauh ke tempat wisata yang sulit dijangkau. Mengapa? Hal ini karena sekarang sudah Telaga Biru Cisoka Banten. Ya, tempat ini memang tengah menjadi tempat wisata yang cukup menjadi favorit baik individu, kelompok, komunitas maupun keluarga.

Tidak hanya untuk anak muda yang senang ke berbagai tempat hits dan sedang tren, tempat wisata ini pun kini banyak dikunjungi para wisatawan lokal dari berbagai usia. Keindahan dari Telaga Biru Cisoka ini telah menjadi magnet yang tidak bisa dilepaskan.

Lokasi dari Telaga Biru ini berada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Tangerang. Pada awalnya, kawasan tersebut bukanlah sebuah lokasi wisata alami seperti telaga pada umumnya. Namun, telaga ini merupakan telaga buatan yang terjadi karena adanya pengerukan tambang pasir. Kawasan tersebut duluanya merupakan sebuah perkebunan kirai dan juga persawahan yang kemudian ditinggalkan. Untuk alasan mengapa kawasan tersebut ditinggalkan masih belum jelas.

Kemudian, setelah ditinggalkan pasir yang ada di Desa Cigaru mulai dikeruk hingga suatu saat dihentikan. Hasil kerukan yang dalamnya lebih dari 50 meter inilah yang mulai tergenang air dan hingga kini telah terbentuk sebuah telaga.

Memang, air di telaga tersebut awalnya hanya biru kehijauan, tapi lama kelamaan perubahan warna air tersebut pun terjadi. Sehingga kini banyak pengunjung yang dapat melihat warna telaga yang berubah tersebut.

Belum jelas apa penyebab dari perubahan warna tersebut. Akan tetapi, banyak orang sekitar yang mengaitkannya dengan hal-hal di luar nalar yang bersifat magis dan mitos. Misalnya saja adalah warna yang berubah tersebut terjadi karena selendang bidadari yang jatuh ke dalam telaga. Entah darimana cerita mitos ini berasal, tetapi itulah cerita yang beredar di sekitar daerah Telaga Biru Cisoka Banten.

Untuk sampai ke lokasi wisata yang satu ini, tentu saja yang harus siwatawan lakukan ialah melakukan perjalanan ke daerah Cigaru, Tangerang. Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau juga motor. Atau bisa juga gunakan angkutan umum. Hanya saja, jika menggunakan angkutan umum mungkin akan sedikit kesulitan untuk sampai ke lokasi wisata karena jika tidak memahami rute angkutan umum di kawasan tersebut mungkin bisa saja mengalami kebingungan. Oleh karena itu, pilihan pergi menggunakan kendaraan pribadi adalah pilihan yang paling tepat. Kemudian, di tambah dengan orang yang telah mengetahui rute tempat wisata Telaga Biru tentu akan membuat perjalanan semakin mudah.

Selanjutnya untuk fasilitas yang disediakan di lokasi wisata Telaga Biru Cisoka ini memang tergolong belum terlalu lengkap. Untuk saat ini, para pengunjung pun hanya harus membayar biaya parkir motor dan mobil untuk bisa nikmati Telaga Biru Cisoka Banten. Pemerintah daerha setempat tengah berupaya mengembangkan objek wisata ini sehingga akan menjadi salah satu ikon Propinsi Banten.@NIKO/ROMI