Kedokteran dan Manajemen Masih Jadi Favorit

Kota Serang – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serentak diadakan di seluruh wilayah Indonesia pada Selasa, 16/05/2017. Di Kota Serang sendiri tes SBMPTN dilakukan dibeberapa tempat seperti di UNTIRTA, STIE Bina Bangsa, SMK Pasundan, SMK Prisma, SMK N 1 Kota Serang dan SMK N 2 Kota Serang.

Antusiasme calon mahasiswa yang mengikuti SBMPTN sangat tinggi. Jika dipersentasekan, hampir 99% peserta yang terdaftar hadir untuk mengikuti seleksi ini. Peserta SBMPTN di Kota Serang tidak hanya diikuti oleh lulusan yang berasal dari sekolah-sekolah di Kota Serang saja, tetapi juga mereka yang berasal dari berbagai daerah di luar kota, bahkan dari luar pulau Jawa seperti Lampung dan Palembang.

“Meski tingkat kesulitan soal SBMPTN lebih tinggi dan daya tampung sangat terbatas tetapi peminatnya sangat banyak. Calon mahasiswa yang ikut tes di STIE Bina Bangsa saja mendekati 600 peserta,” ungkap Dr.H.Furtasan Ali Yusuf, S.E, S.Kom, M.M, Ketua Yayasan Bina Bangsa dan Penanggung Jawab SBMPTN STIE Bina Bangsa, saat ditemui di ruang panitia.

Furtasan menambahkan, Perguruan Tinggi favorit seperti UI, UGM dan UNTIRTA masih sangat diminati. Sedangkan untuk program studi, Kedokteran dan Manajemen masih menjadi favorit.

“Secara umum, pada ranah eksakta, peminatan pada jurusan kedokteran sangat tinggi. Termasuk juga teknik informatika. Sedangkan ranah Sosial-Humaniora, jurusan manajemen masih yang tertinggi. Saya optimis banyak dari mereka yang berhasil lolos pada seleksi ini,” pungkasnya. @IMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *