Salurkan Program Scholarship, Bukti Indah Kiat Aktif Kembangkan Pendidikan di Serang

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya dalam memiliki pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan. Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara masyarakat, pemerintah dan tentunya dunia usaha.

Indah Kiat Serang sebagai salah satu perusahaan yang sangat fokus terhadap dunia pendidikan, turut berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan khususnya di Kabupaten Serang. Pendidikan juga menjadi salah satu program unggulan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Indah Kiat Serang.

“Sejak tahun 1997 dan hingga saat ini Indah Kiat Serang secara konsisten terus memajukan dunia pendidikan salah satunya adalah dengan pemberian beasiswa. Mulai beasiswa yang dulu dikenal dengan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA), beasiswa karir Akademi Teknologi Pulp & Kertas (ATPK) Bandung serta Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Jakarta dan saat ini adalah Indah Kiat Scholarship,” tutur Dani Kusumah, Kepala CSR PT. Indah Kiat Serang. Selasa (22/11/2022)

Baca Juga  Paskibra Kecamatan Cipondoh Akan Helat Lomba Baris-Berbaris se-Jabodetabek

Indah Kiat Scholarship sendiri adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) dan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten yang bedomisili di 6 kecamatan sekitar perusahaan, yaitu : Kragilan, Carenang, Tanara, Pontang, Tirtayasa dan Lebak Wangi. Pada proses seleksinya, Indah Kiat Serang melakukan beberapa tahapan mulai dari seleksi administratif hingga tes wawancara.

Hal yang menarik dari seleksi beasiswa ini adalah selain memiliki nilai IPK diatas 3, calon penerima juga harus aktif dalam kegiatan organisasi baik internal maupun eksternal kampus. Hal tersebut diuji melalui presentasi secara singkat, padat dan jelas dalam seleksi wawancara.

Baca Juga  Full Day School Memporsir Energi Siswa

“Beasiswa ini telah dilaksanakan sejak tahun 2020, kemudian 2021 dan kini kami selenggarakan kembali di tahun 2022 ini. Setiap tahunnya total penerima beasiswa sebanyak 30 mahasiswa terpilih, yang terdiri dari 20 mahasiswa UNTIRTA dan 10 mahasiswa UIN SMH Banten. Masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp 3.000.000,” lanjut Dani.

Seremoni penyerahan beasiswa diselenggarakan pada hari Senin, 21 November 2022. Tepat pukul 10.30 penyerahan beasiswa dilaksanakan di Kampus UNTIRTA. Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh manajemen Indah Kiat Serang, Bpk. Heppy Moiras yang diterima langsung oleh Rektor UNTIRTA, Bpk. Prof. DR. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT. Kemudian kegiatan dilanjutkan di Kampus UIN SMH Banten pada pukul 13.30. Secara simbolis beasiswa diserahkan oleh perwakilan manajemen Indah Kiat Serang, Bpk. Dani Kusumah yang diterima oleh Kabag Akademik dan Kemahasiswaan UIN SMH Banten, Bpk. Akhmad Taptajani, S.Pd.I.,M.Si.

Baca Juga  Suherman: Magister Sebagai Tenaga Ahli Membangun Bangsa

Dengan adanya program Indah Kiat Scholarship, diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk terus berprestasi dibidang akademik dan juga berperan aktif di masyarakat melalui organisasi kemahasiswaan & kemasyarakatan. Agar kelak para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan untuk lingkungan sekitar dan dapat berguna bagi nusa, bangsa serta negara.@Aang/man