Berlibur Sekaligus Belajar di Taman Buah Mekarsari

Majalahteras.com –Untuk mengenalkan jenis buah dan tanaman, anda bisa mengajak anak berlibur di objek wisata satu ini yang berada di Bogor. Yaa.. Taman Buah Mekarsari yang berdiri sejak 14 Oktober 1995 memiliki berbagai varietas tanaman buah, tanaman rempah, tanaman biofarmaka, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayaur dan lainnya.

Taman Buah Mekarsari digagas oleh Ibu Tien Soeharto (Alm.) kala menjabat sebagai Ibu Negara. “Memang tujuan membangun Taman Buah ini untuk mengangkat derajat buah-buahan lokal  Indonesia,” ujar Firman Setiawan Marketing Komunikasi.

“Saat itu buah-buahan luar negeri  sangat dominan, maka almarhum ibu Tin berkeinginan buah Indonesia menjadi tuan rumah  di negara nya sendiri maka di buatlah Taman Buah Mekarsari,” lanjut firman.

Mekarsari juga, kata Firman bertujuan menciptakan kebun hortikultura yang terdiri dari kebun buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias yang berfungsi sebagai kebun koleksi dan sebagai sumber plasma nutfah, dan diharapkan dapat menjadi taman rekreasi hortikultura yang kelak dapat dikembangkan menjadi pusat studi hortikultura terutama untuk tanaman buah-buahan dan sayuran dataran rendah

Di taman buah ini, Firman mengatakan pengunjung dapat berkeliling menggunakan kereta melihat berbagai jenis tanaman buah dan tanaman lainnya. “Selain itu pengunjung juga memetik langsung buah yang diinginkan,” terangnya.

Untuk masuk ke Taman Buah Mekarsari, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 25.000 per orang.

Seluas 264 hektar taman Mekarsari ini juga dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, seperti Kebun Keluarga, Greenhouse, Outbound, Bangunan Air Terjun, dll. Bagi pengunjung yang ingin bermalam ada pula tempat penginapan Rumah Pohon. @DEWI