Bahaya Kekurangan Zat Besi

health1Selalu merasa lelah, terlihat pucat dan sering merasa  jantung berdebar adalah tanda bahwa Anda kekurangan zat besi. Hati-hati, kekurangan zat besi bisa mengganggu asupan oksigen pada tubuh.

Zat besi sangat penting bagi tubuh, karena zat besi membantu memenuhi kebutuhan oksigen  dalam tubuh Anda. Tubuh menggunakan zat besi untuk membentuk hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah. Jika tubuh Anda tak memiliki zat besi yang cukup, tubuh akan membentuk sel darah merah lebih kecil dan dalam jumlah lebih sedikit. Selanjutnya, tubuh Anda akan kekurangan hemoglobin dan Anda akan kekurangan oksigen.

Menurut World Health Organization (WHO), kekurangan zat besi adalah gangguan gizi paling umum yang terjadi di dunia. Sekitar 2 miliar orang, yang berarti lebih dari 30 persen populasi dunia, diduga menderita kekurangan zat besi. Sebagian besar terjadi pada wanita, terutama mereka yang sedang dalam usia subur. Nah, bila Anda sering merasakan gejala berikut, bisa jadi, Anda termasuk salah satunya.

1. Merasa kelelahan dan selalu merasa letih

Tubuh menggunakan zat besi untuk membentuk hemoglobin, sel dari darah merah yang  akan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika Anda tak memiliki sel darah merah yang cukup. Anda akan merasa letih dan kelelahan tiada henti, karena asupan oksigen dalam tubuh tak mengalir sempurna.

2. Ada kalanya merasa sulit bernapas

Jika tubuh tak bisa mengangkut oksigen dengan lancar menuju paru-paru, Anda akan merasa sulit bernapas, setidaknya membutuhkan usaha lebih untuk bernapas. Kadar zat besi yang rendah memang akan menyebabkan Anda sedikit menderita, karena tubuh Anda terasa tak nyaman.

3. Terlihat pucat

Apakah orang-orang di sekitar Anda terus-menerus meminta Anda untuk beristirahat, karena wajah Anda terlihat pucat? Kadar zat besi rendahlah penyebabnya. Selain itu, jika bibir, gusi, dan bagian dalam mata Anda terlihat tak semerah biasanya, Anda berarti mengalami kekurangan zat besi.

4. Sering sakit

Faktanya, kekurangan zat besi akan membuat tubuh Anda sering merasa kedinginan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi akan memengaruhi daya tahan tubuh, yang akan membuat tubuh Anda lebih mudah terserang virus dan infeksi.

5. Jantung berdebar

Anda merasakan jantung berdetak tak teratur ataupun berdebar dalam beberapa detik atau hingga beberapa menit.

6. Keinginan mengonsumsi sesuatu yang bukan makanan

Ini memang terdengar tak masuk akal, tapi ini adalah salah satu gejala nyata yang menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, tubuh seakan mencari berbagai sumber, termasuk sesuatu yang tak bisa dikonsumsi, seperti cat atau tanah liat. Ini sering terjadi pada wanita hamil, yang umumnya kadar zat besi dalam tubuhnya menurun.
Lalu, mengapa tubuh bisa kekurangan zat besi?

–          Sedang dalam masa menstruasi : Kehilangan banyak darah saat menstruasi sangat berisiko mengalami penurunan kadar zat besi dalam tubuh.

–          Tubuh tidak menyerap zat besi dengan baik : Gangguan pencernaan seperti radang usus, dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antasida juga akan berpengaruh.

–          Anda seorang vegetarian : Kurangnya konsumsi protein hewani membuat tubuh tak cukup mendappat asupan zat besi.
Konsumsi makanan sehat

Penuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi, seperti daging merah, ikan, ayam, bayam, kale, kacang-kacangan, telur, dan susu. Selain itu, konsumsi vitamin C akan mempermudah tubuh menyerap zat besi. Faktanya, sebuah penelitian melaporkan bahwa konsumsi vitamin C dalam jumlah kecil akan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi  hingga tiga kali lipat. Sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi, seperti kembang kol, brokoli, tomat, dan jus lemon.

Namun, untuk konsumsi suplemen zat besi, sebaiknya konsultasikan dulu kebutuhan zat besi Anda pada dokter.  Pasalnya, pada sebagian orang, konsumsi suplemen zat besi menyebabkan konstipasi. Konsumsi makanan alami untuk meningkatkan kadar zat besi tampaknya akan lebih sehat bagi tubuh Anda.