Kemala Smart, Bantu Tingkatkan Pelayanan Posyandu Kemala Bhayangkari – Ciracas

oleh
oleh -

MAJALAHTERAS.COM – Pengabdian Masyarakat Terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan manifestasi dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kontribusi civitas akademika untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat menuju masyarakat madani dan mengerti teknologi. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dalam bentuk kegiatan pelatihan dan implementasi hasil-hasil penelitian dosen di daerah binaan.

Pada tahun 2022 rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat terintegrasi Kuliah Kerja Nyata telah selesai dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2022 di Posyandu Kemala Bhayangkari Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Kegiatan dengan judul Pengembangan Fasilitas Smart Sensing Berbasis Teknologi IoT untuk Meningkatkan Mutu Layanan Posyandu di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur dimotori oleh Dr. Widyaningrum Indrasari, M.Si., Ir. Heri Firmansyah, M.T., Dewi Muliyati, M.Si. dan lima orang mahasiswa Program Studi Fisika, Universitas Negeri Jakarta.

Baca Juga  Keprotokolan Adalah Gabungan Dari Seni dan Keterampilan

Kegiatan yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNJ ini memiliki beberapa tujuan, salah satunya membangun sistem informasi posyandu berupa website https://kemala-smart.com dan detektor Kemala-Smart untuk meningkatkan efektifitas pencatatan dan pelaporan kegiatan rutin Posyandu di era normal Baru.

Beragam kegiatan dan layanan posyandu, statistik balita, serta rekap data perkembangan balita dtampilkan pada website tersebut. Sedangkan detektor Kemala-Smart terdiri dari sistem sensor dan RFID (Radio Frequency Identification), berfungsi untuk mengecek secara otomatis temperatur pengunjung (balita) sekaligus registrasi data kehadiran balita di Posyandu. Detektor Kemala-Smart terkoneksi dengan website sehingga data dapat tersimpan daring di server dan dapat diakses sewaktu-waktu. Kedua perangkat tersebut telah disosialisasikan kepada para Kader Posyandu, Pengurus PKK, serta Perangkat Desa di Kelurahan Ciracas. Sedangkan implementasi dilakukan pada kegiatan rutin penimbangan balita di Posyandu Kemala Bhayangkari Ciracas.

Baca Juga  Gandeng CCM dan PMI, Horison Forbis Gelar Donor Darah

Sejumlah 126 balita yang hadir pada acara tersebut diberikan data identitas khusus di kartu RFID untuk diaplikasikan pada detektor Kemala-Smart sehingga data kehadirannya tercatat langsung pada database. Selain data kehadiran, pencatatan berat badan dan tinggi badan setiap balita pun telah dilakukan secara digital pada website Kemala-Smart sebagai salinan pencatatan dari Kartu Menuju Sehat (KMS) yang biasa digunakan di setiap kegiatan posyandu.

Baca Juga  Logistik Pilkades Serentak Pandeglang Mulai Didistribusikan

Setiap anak berhak mendapat satu KMS untuk memantau kurva berat badan setiap bulan. Berat badan masih dijadikan acuan tumbuh kembang bagi balita. Karenanya orang tua wajib mengantar balitanya untuk datang ke posyandu setiap sebulan sekali. KMS akan dibagikan di posyandu saat balita pertama kali datang ke posyandu. Melalui website Kemala-Smart pemantauan kurva berat badan dan tinggi badan balita pun dapat dilakukan secara daring kapan pun dibutuhkan datanya. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat, khususnya bagi Posyandu Kemala Bhayangkari Kelurahan Ciracas. (RLS)