Sasaran Empuk Pengembang Apartemen Karawaci Untuk Mahasiswa UPH

Geliat properti di Karawaci, Tangerang, memang tidak segencar di kecamatan tetangganya, yakni Serpong.

Kebanyakan apartemen di Karawaci telah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Meski demikian, potensi pasar kawasan ini tidak meredup.

Pasalnya, ada perguruan tinggi yang menyerap 15.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia, yakni Universitas Pelita Harapan.

Salah pengembang yang menyasar pasar mahasiswa ini adalah PT Supermall Karawaci dengan membangun 3 menara apartemen U Residence.

“Karawaci ini (pasarnya unik), karena ada 700 mahasiswa dari luar daerah yang datang dan berkuliah di UPH,” ujar General Manager Sales & Marketing Machjani Safrudin menjawab KompasProperti saat prosesi penutupan atap menara 3 di Supermal Karawaci, Sabtu (19/8/2017).

Ia mengatakan, saat ini untuk menara 3 sudah terjual habis. Mayoritas pembeli adalah masyarakat Tangerang. Namun, ada pula pembeli yang berasal dari Jakarta.

Persentasinya untuk masyarakat Tangerang yang membeli U Residence adalah 60 persen, sedangkan Jakarta 30 persen.

Sementara itu, sisanya sebanyak 10 persen berasal dari luar daerah Jabodetabek. Machjani menyebut daerah asal pembeli tersebut antara lain Surabaya, Bali, Medan, dan Lampung.

“Kebanyakan memang investor, 60 persen. Mereka ada yang jual kembali atau disewakan,” sebut Machjani.

Pasar sewa

Permintaan sewa apartemen di Karawaci, imbuh Machjani, dinilai cukup bagus. Untuk unit studio di U Residence, rata-rata disewakan Rp 45 juta-Rp 50 juta setahun.

“Pasar sewa cukup baik karena permintaan terus meningkat. Rata-rata permintaan datang dari mahasiswa UPH, profesional, dan ekspatriat,” jelas Machjani.

Berjumlah 3.376 unit, U Residence berada di lahan seluas 12 hektar bersama dengan Supermal Karawaci.

Selain apartemen, di kawasan yang sama, PT Supermal Karawaci juga mengembangkan 1 menara SOHO Bizlofts, sebanyak 481 unit.

Secara total, Perseroan menggelontorkan investasi sebesar Rp 2,5 triliun untuk ke empat menara yang dikembangkan.

Sementara itu, apartemen yang menyasar pasar sewa di Karawaci, tidak hanya U Residence. Berjarak 2 kilometer dari proyek tersebut, terdapat apartemen The Habitat Karawaci.

Harga sewa unit studio di apartemen ini berkisar Rp 30 juta per tahun.

Kemudian, tidak jauh dari U Residence dan The Habitat, telah berdiri Apartemen Amartapura dengan sewa Rp 120 juta untuk tipe unit 3 kamar seluas 108 meter persegi.

Sedangkan untuk tipe studio seluas 27 meter persegi, sewanya dibanderol Rp 30 juta.(rm)