Gedung Pertunjukan Seni Bernuansa Melayu

Majalahteras.com – Salah satu objek wisata yang ada di Kota Pekanbaru ini yaitu sebuah bangunan megah yang terletak di Pusat Kota Pekanbaru bernama Gedung Seni Idrus Tintin. Gedung ini merupakan gedung kesenian yang termegah di Indonesia. Bangunannya sangat indah dan sangat kental dengan budaya Melayu. Bangunan berarsitektur Melayu-Riau yang biasa digunakan untuk pertunjukan seni dan budaya di Kota yang dekat dengan negera tetangga.

Bangunannya hanya memiliki satu lantai, namun berdiri cukup tinggi dengan warna kuning yang mendominasi serta motif-motif yang sangat kental dengan corak Melayu Riaunya. Anjung Seni Idrus Tintin berada di dalam Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji (Kompleks Bandar Serai), yang juga dikenal dengan nama Arena Purna MTQ. Yang  terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Jika  dari bandara dan naik Bus Trans Metro, kalian bisa turun di halte seberang MTQ.

Nama asal Anjungan Idrus Tintin, berasal dari nama seorang seniman Riau yang bernama Idrus Tintin, Idrus tintin sendiri adalah seniman yang sudah banyak mendaptkan penghargaan seni, dan sudah mempunyai karya karya seni yang sangat indah yang di pamerkan di dalam gedung ini.

Gedung Anjung Seni Idrus Tintin telah digunakan oleh seniman-seniman sebagai tempat mempertunjukkan seni musik, teater, dan seni tari. Gedung Anjung Seni Idrus Tintin memiliki bangunan berstandar internasional yang mampu menampung jumlah penonton pertunjukan seni dengan kapasistas 600 kursi. Gedung ini juga didukung dengan sistem suara dan pencahayaan.

Gedung ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Agustus 2007. Nama Gedung ini berasal dari seorang seniman besar Riau yang bernama Idrus Tintin.

Masyarakat Pekanbaru menjadikan kawasan daerah gedung ini sebagai tempat nongkrong atau berkumpul bersama teman teman. Banyak yang jualan makanan dan minuman di kawasan ini. Biasanya kawasan ini juga digunakan oleh para komunitas untuk berkumpul, komunitas mobil, motor, dance, skateboard.

Jadi, jangan ragu untuk datang ke gedung ini jika ke Pekanbaru, selain untuk foto-foto, melihat seni, acara, anda juga bisa bersantai di sini.@ROMI