Awas, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Sakit Kepala

majalahteras.com – Sakit kepala masalah semua manusia. Keluhan ini dapat menyerang dan mengganggu siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Atau jangan-jangan, sakit kepala adalah keluhan langganan Anda?

Sakit kepala memang keluhan umum, yang biasanya disebabkan oleh banyak pikiran atau stres, ‘masuk angin’, atau kurang tidur. Selain yang sudah disebutkan, ternyata keluhan ini juga dapat disebabkan oleh makanan.

Berikut 6 makanan yang paling sering mencetuskan timbulnya sakit kepala:

  1. Keju

    Keju dapat menyebabkan sakit kepala jenis migrain. Hal ini adalah akibat dari kandungan tiramin yang ada di dalamnya.
    Kandungan tiramin pada keju berhubungan dengan berapa lama keju tersebut disimpan. Semakin tua usia keju, kandungan tiraminnya semakin besar.

  2. MSG

    Monosodium glutamate atau MSG merupakan zat yang dapat mencetuskan sakit kepala bila konsumsi berlebihan.

  3. Cabai

    Meski digemari banyak orang, cabai ternyata dapat mencetuskan sakit kepala pada beberapa orang. Hal ini diduga akibat kandungan capsaicin yang ada di dalamnya.

  4. Alkohol dan anggur merah

    Minuman beralkohol sudah diketahui sejak lama dapat memicu timbulnya sakit kepala. Ini karena alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, yang bila terjadi pada pembuluh darah otak dapat menyebabkan kejadian sakit kepala.

    Sedangkan anggur merah dapat menyebabkan sakit kepala karena kandungan tiramin yang sangat tinggi.

  5. Cokelat

    Cokelat memang dapat meredakan stres. Namun bila dikonsumsi berlebihan, makanan ini bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Ini karena cokelat tinggi akan kandungan asam amino, yang merupakan keluarga dari senyawa tiramin.

  6. Es krim

    Apakah Anda sering sakit kepala setelah mengonsumsi es krim atau minuman dingin? Ini wajar, karena tubuh bereaksi terhadap rasa dingin dari makanan atau minuman dingin yang baru saja Anda konsumsi. Umumnya, sakit kepala akibat kasus ini hanya berkisar sekitar 30-60 detik.

Apakah makanan favorit Anda termasuk dalam daftar di atas? Agar sakit kepala tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, pastikan Anda menghindari atau membatasi konsumsinya. (net/jems)