Antisipasi Tagihan Membengkak! Ini Cara Menghemat Listrik yang Efektif

oleh
oleh -
Antisipasi Tagihan Membengkak! Ini Cara Menghemat Listrik yang Efektif

MAJALAHTERAS.COM – Penggunaan listrik menjadi salah satu kebutuhan yang tak terhindarkan dalam kehidupan manusia. Ketika di rumah, dibutuhkan listrik untuk bisa menonton televisi, menyalakan alat pendingin ruangan seperti air conditioner (AC) atau kipas angin, kulkas, dan juga lampu.

Meski tak bisa terhindarkan, penggunaan listrik pun butuh dilakukan dengan bijak. Bukan apa-apa.Tagihan listrik siap-siap membengkak jika tidak bijak dan menghemat dalam menggunakan listrikĀ di rumah. Apalagi, dalam rumah tersebut banyak memasang peralatan elektronik.

Karena itu, ada beberapa peralatan elektronik yang perlu diperhatikan dan digunakan secara bijak agar tagihan listrik Anda tidak membengkak setiap bulan. Dikutip dariĀ housebeautiful.com, berikut peralatan elektronik yang menggunakan listrik cukup besar.

1. Digital TV Box
Kehadiran siaran digital TV dianggap mampu menghasilkan gambar yang lebih berkualitas serta bermacam-macam channel. Namun alat yang bertugas mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara ini dianggap paling banyak menyedot listrik.

2. Stand By Mode
Banyak orang berpikiran bahwa menggunakan mode stand by pada TV atau alat elektronik lainnya tidak menggunakan listrik. Padahal pemahaman itu salah.

Baca Juga  Kemendagri dan TNI AD Kerjasama Gelar Rakernas Pembinaan Wasbang dan Ketahanan Nasional 2019

Bahkan, tagihan alat elektronik dengan mode tersebut mencapai 86 pounds per tahun atau sekitar Rp1,5 juta (kurs Rp18.213). Anda bisa mematikan perangkat elektronik di rumah, alih-alih mengubahnya menjadi mode stand by.

3. Kulkas
Kulkas memiliki banyak fungsi untuk menyimpan berbagai kebutuhan rumah tangga. Maka tak heran keberadaan lemari pendingin itu sangat dibutuhkan.

Di balik fungsinya tersebut, kita harus bijak menggunakan kulkas. Sehingga barang tersebut tidak menyedot energi listrik terlalu banyak.

Berikut beberapa tindakan agar penggunaan kulkas tidak menyedot listrik, yaitu jangan terlalu sering membuka pintu kulkas, jangan mengabaikan penumpukan es dan memilih kulkas yang memiliki peringkat energi yang baik.

4. Pengering Pakaian
Bagi pengguna mesin cuci yang dilengkapi teknologi pengering pakaian, sangat wajar jika tagihan listrik membengkak saat musim hujan. Sebab, pengering pakaian menyedot energi listrik cukup banyak.

Agar tidak membebani pengeluaran, maka pastikan mesin cuci yang digunakan memiliki siklus putaran yang cukup baik. Sehingga, dapat mengalirkan air sebanyak mungkin saat pengeringan.

Baca Juga  Cegah dan Tanggulangi Tipikor, Pemkab Serang Gandeng Kejari Serang

5. Lampu
Kebanyakan orang lalai menggunakan lampu. Meski diklaim menggunakan produk hemat energi, hal itu akan sia-sia jika dibiarkan hidup sepanjang hari atau tidak bijak menggunakan lampu. Maka, pastikan penggunaan lampu pada saat dibutuhkan.

Berikut cara menghemat listrik:

1. Mematikan peralatan elektronik saat tidak dibutuhkan
Mematikan peralatan elektronik menjadi salah satu cara efektif untuk menghemat listrik. Biasanya, penghuni rumah seringkali lupa mematikan peralatan elektronik atau pun membiarkan peralatan tersebut tetap terhubung ke stop kontak listrik.

Jika terus dibiarkan menyala dan terhubung di stop kontak listrik, praktis aliran dan meteran listrik di rumah Anda tetap berjalan. Karena itu, selalu ingat untuk mematikan peralatan elektronik saat sudah tidak terpakai, terutama saat berpergian.

2. Pasang lampu hemat energi
Menghemat listrik juga bisa dilakukan dengan memperhatikan penggunaan lampu. Cara yang cukup efektif adalah dengan mengganti lampu pijar dengan lampu LED. Selain hemat,lampu LED bisa memberikan cahaya yang lebih terang dan awet.

3. Pasang kipas angin untuk pengganti AC
Kipas angin bisa menjadi pilihan untuk menghemat listrik. Mengingat, daya listriknya lebih kecil ketimbang menggunakan AC. Setidaknya, penggunaan kipas angin ini bisa menjadi alternatif pengganti AC sebelum tidur pada malam hari.

Baca Juga  Munawaroh Didakwa Melanggar Jaminan Fidusia

4. Menurunkan suhu AC secara perlahan
Dalam penggunaan AC juga perlu dilakukan secara bijak. Saat mengggunakan AC, para penghuni biasanya langsung mengatur suhu paling rendah agar proses pendinginan di ruangan lebih cepat.

Namun, tahukah Anda, jika penggunaan AC dengan suhu rendah akan menarik daya listrik lebih banyak. Karena itu, penghuni rumah disarankan untuk menurunkan suhu secara perlahan agar tagihan listrik tidak membengkak.

5. Mengeringkan pakaian secara alami
Bagi penghuni rumah yang sudah memiliki mesin cuci, tidak lagi direpotkan dengan harus mengeringkan pakaian dengan cara menjemur dalam waktu yang lama. Sebab, biasanya, beberapa mesin cuci sudah dilengkapi dengan pengering pakaian.

Namun, penggunaan mode pengering pakaian ini akan memakan daya listrik yang besar. Ada baiknya, Anda lebih sering mengeringkan pakaian secara alami dengan cara menjemur untuk mengurangi beban biaya listrik.(Dede).