Sri Widodo: Keberadaan Perempuan Memberikan Adil Dalam Pembangunan

majalahteras.com – Setiap 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini dimana menjadi pelopor untuk sebuah kemajuan kaum wanita. Kartini merupakan sosok perempuan Indonesia yang berusaha untuk bisa meningkatkan derajat perempuan agar bisa menjalankan kehidupan lebih baik, dan memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Inilah yang menjadi inti dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum perempuan dari kebodohan dan keterbelakangan dibandingkan dengan kaum pria.

Dalam peringatan Hari Kartini ke -137 di Lampung Utara, Wakil Bupati Lampung Utara Sri Widodo mengatakan dampak dari perjuangannya tersebut hingga kini masih terasa. Kesetar pendidikan bagi kaum perempuan berlaku mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan tidak jarang, seorang perempuan memiliki kegigihan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan para pria. Sehingga banyak dari mereka yang memiliki prestasi terbaik di bidang akademik.

“Banyak para wanita Indonesia yang kini telah memiliki jabatan strategis dilembaga pemerintah dan swasta, baik didalam maupun di luar negeri. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena memiliki banyak “Perempuan Hebat” yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” terang Sri.

Menurut Sri Widodo, keberadaan dan peran kaum perempuan, juga telah memberikan andil dalam kemajuan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara. Keberhasilan pembangunan telah nyata dirasakan oleh masyarakat, hal ini ditandai dengan diraihnya 43 penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional hanya dalam kurun waktu 2 (dua) tahun. Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat 300% (tiga ratus persen), pelayanan gratis dibidang kesehatan dan pendidikan.

Selain itu dikatakan Sri Widodo, pelayanan prima Aparatur Pemerintah juga telah terselenggara dengan baik, dimana kaum perempuan turut berperan aktif dalam jajaran Pejabat Eselon dengan prosentase yang mencapai 12% dari total keseluruhan 1.075 orang pejabat eselon saat ini, meliputi Eselon II sebanyak 3 orang, Eselon IIIa sebanyak 10 orang, Eselon IIIb sebanyak 28 orang, Eselon IVa sebanyak 29 orang dan Eselon IVb sebanyak 59 orang .

Dikatakan Sri Widodo, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini, para Kartini-Kartini di Kabupaten Lampung Utara telah banyak mengukir prestasi, baik perorangan, maupun kelompok.

“Oleh karena itu, Saya berharap kepada seluruh organisasi wanita yang ada di Kabupaten Lampung Utara, agar terus memberikan inspirasi, ide, gagasan, dalam perjuangan dan pengabdiannya kepada masyarakat, khususnya pemberdayaan kaum perempuan. Jadikanlah nilai-nilai dan  perjuangan ibu kita Kartini ini, sebagai motivasi dalam setiap langkah dan perjuangan kaum perempuan,” harapnya.

Namun demikian, Sri Widodo mengatakan secara fitrah perempuan harus menyadari akan kedudukan krodratinya. “Perempuan adalah istri dan seorang ibu, saya berharap sesibuk dan seaktif apapun dalam kegiatan organisasi, harus tetap memperhatikan kepentingan dan kebahagian keluarga,” tuturnya. @PANGAT