New York Bangun Lahan Pertanian di Atap Gedung

properties1Arsitek Bromley Caldari bekerja sama dengan Acumen Capital Partners dan Brooklyn Grange LLC, merenovasi bangunan Standard Motor Products yang memiliki luas 300.000 kaki persegi (27.871 meter persegi). Bangunan tersebut terletak di kota Long Island, New York, Amerika Serikat.

Awalnya, bangunan komersial tujuh lantai itu, hanya melayani satu penyewa yakni penyedia fasilitas manufaktur. Kini, gedung yang sudah berdiri sejak 1919, melayani berbagai industri antara lain media, arsitektur, fesyen, film, percetakan, dan desain.

Perbaikannya menghabiskan dana 10 juta dollar AS (Rp 132,6 miliar), yakni berupa perubahan atap gedung seluas 42.000 kaki persegi (3.902 meter persegi) menjadi lahan pertanian di tengah kota.

New York sendiri adalah rumah bagi komunitas penghasil pangan yang menawarkan semakin banyak peternakan atau pertanian di atas atap gedung. Hampir 1 juta pon atau 453.000 kilogram tanah telah ditransplantasikan ke atas atap gedung. Hal ini menjadikan gedung tersebut sebagai salah satu sistem pertanian atap terbesar di dunia.

Perubahan lainnya dari gedung tersebut adalah penggantian penutup kalwall menjadi jendela rendah emisivitas, pencahayaan eksterior dan marka perusahaan yang lebih cerah, penambahan sebuah lift, perubahan sistem bangunan dan listrik, kanopi untuk lobi dan pintu masuk, koridor modern dengan lampu efisien energi, dan kamar mandi dengan peralatan rendah konsumsi air.

Perawatan palet interiornya dibuat minimal, dengan lantai beton yang dipoles, pemasangan baja tahan karat, dan sekat gipsum yang dicat. Atas transformasi tersebut, gedung ini telah menerima penghargaan dari the Queens Chamber of Commerce dan Green Building Council of New York.