Masalah Kesehatan Akibat Tidur Saat Rambut Basah

Majalahteras.com – Padatnya aktivitas hingga sore membuat kita ingin cepat-cepat pulang ke rumah untuk beristirahat. Mandi sebelum tidur dapat membantu tubuh rileks dan tidur lebih nyenyak. Hal ini memungkinkan mengurangi ketegangan otot dan stres akibat kelelahan.

Terkadang rasa lelah membuat kita langsung tertidur dalam keadaan rambut basah. Namun, kebiasaan ini bisa menyebabkan berkembangnya beberapa masalah kesehatan.

Meski kelihatannya tidak berbahaya, hal ini dapat menyebabkan reaksi merugikan pada tingkat kapiler dan juga pada otot, serta sistem kekebalan tubuh. Banyak yang tidak sadar akan konsekuensi ini, sehingga mereka kerap melakukannya dan menjadikan itu sebagai kebiasaan.

Beberapa efek negatif mungkin terjadi sehingga Anda perlu berpikir dua kali untuk tidur dengan keadaan rambut basah, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Senin, (14/8/17).

  1. Sakit kepala

Tidur dengan rambut basah dapat mengakibatkan sakit kepala karena kelembapan menyebabkan perubahan suhu tubuh yang mendadak.

Membungkus rambut dengan handuk bisa membuatnya semakin parah karena kelembapan dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini mempengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala dan saat ketegangan meningkat dapat menyebabkan rasa sakit dan mengganggu tidur.

  1. Rambut rusak

Jika Anda peduli akan kesehatan dan kekuatan rambut, sebisa mungkin hindari mencuci rambut sebelum tidur. Hal ini mendorong melemahnya helai rambut sepanjang waktu dan membuat rambut rentan rusak dan rontok. (net/jems)