Kalau Imannya Kuat, Karakternya Juga Pasti Kuat

Majalahteras.com – Globalisasi adalah kecenderungan umum terintegrasinya kehidupan masyarakat domestik/lokal ke dalam komunitas global di berbagai bidang. Akibat adanya Era Globalisasi membawa pengaruh kepada seluruh aspek, baik dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, iptek, ideologi bahkan moral suatu bangsa pun mengalami perubahan, khususnya pada para remaja. Krisis moral anak remaja pun sangat memprihatinkan.

“Dampak negatif dari arus globalisasi yang terlihat miris adalah perubahan yang cenderung mengarah pada krisis moral dan akhlak, sehingga menimbulkan sejumlah permasalahan kompleks. Contohnya mulai dari hal kecil seperti anak-anak sekolah yang membolos pada jam pelajaran, sampai dengan korupsi. Selain itu terdapat pula tindakan-tindakan kriminal yang setiap hari biasa kita lihat. Hal ini membuktikan bahwa krisis moral telah dan sedang melanda bangsa ini,” begitu dikatakan Guru Bahasa Inggris MA Hidayatut Thalibin, Wahyuni Damayanti, S.Pd.I.

Oleh karena itu, pendidikan agama di sekolah bagi generasi muda tentu sangat diperlukan, dan hal ini memang yang paling utama, sehingga ke depan mereka tidak hanya memiliki kemampuan intelektual yang baik, tetapi juga memiliki moral dan akhlak yang kuat.

“Melalui pendidikan agama, nilai-nilai agama akan ditransfer kepada setiap siswa yang mempelajarinya yang nantinya dapat dijadikan modal hidup untuk di dunia dan akhirat. Pendidikan agama juga sangat penting sehingga pendidikan agama wajib ada di setiap jenjang pendidikan. Dengan siswa mempelajari  pendidikan agama serta mau menerapkan dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari,  maka mereka akan memiliki karakter yang baik, santun dan religius,” jelasnya.

Pendidikan, Wahyuni menambahkan, merupakan salah satu alat untuk dapat membimbing seseorang menjadi orang yang baik terutama pendidikan agama yang dapat membentuk karakter akhlakul karimah bagi anak sehingga mampu memfilter mana pergaulan yang baik dan mana pergaulan yang tidak baik.

“Kalau imannya sudah tertanam dengan baik sejak dini, karakter dan akhlaknya juga pasti kuat,” pungkasnya.@IMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *