Bermain Di Kandank Jurank Doank

http://majalahteras.com/-Bingung mengisi waktu liburan bersama anak? Kandank Jurank Doank berada di Tangerang Selatan ini dapat menjadi pilihan tempat berlibur berbeda bagi anak-anak. Di sana anak-anak bisa bermain outbound, ikut kelas gambar, sampai beragam kegiatan penuh kreatifitas. Bermain sepuasnya sambil menikmati hijaunya alam mungkin merupakan kesenangan langka terutama bagi yang tinggal di kota metropolitan. Saat liburan sekolah pun tidak harus pergi ke pantai atau taman liburan saja.

Suasana nyaman saat berada di Kandank Jurank Doank didukung dengan udara yang sejuk, bebas polusi, nyaman, sangat “hijau” dan dikelilingi sawah-sawah yang menghampar. Kandank Jurank Doank dirintis oleh seniman Indonesia Dik Doank yang semula merupakan sekolah alam untuk anak-anak kampung sekitar. Di Kandank Jurank Doank, sang pendiri mengajarkan kepada anak-anak bagaimana nikmatnya belajar di luar ruangan bersimbah hangatnya cahaya matahari dan bersatu dengan alam.

Saat ini Kandank Jurank Doank dibuka sebagai tempat wisata edukatif bagi anak. Pengunjung terutama anak-anak bebas melakukan aktivitas bermain yang telah tersedia. Kegiatan yang berada disana lebih kepada pendekatan anak pada alam. Terdapat beberapa paket outbond yang bisa dinikmati. Paket outbond yang pertama seperti bermain lumpur di sawah, belajar menanam padi, atau memandikan kerbau. Bagi anak-anak yang hobi menggambar, pemandangan di Kandank Jurank Doank merupakan objek yang menarik. Selain itu ada pula event mendengarkan dongeng, mengenal satwa, serta memainkan permainan tradisional.

Kegiatan outbond kedua yaitu permainan flying fox. Paket outbond ketiga yaitu mengajak peserta menanam padi, menangkap ikan, bermain perahu karet, melintasi jembatan ranting, serta meluncur di wahana flying fox. Sedangkan paket terakhir mencakup kegiatan-kegiatan yang memanfaatkan perahu karet, menggapai tali, jembatan ranting, tangga monyet, dan flying fox.

Kandank Jurank Doank sebagai tempat wisata edukatif, terdapat panggung, studio, ruang multimedia, kolam ikan, dan lapangan untuk olah raga. Tak ada kurikulum dan silabus, yang ada hanya bidang keterampilan yang bebas dipilih dan tekuni. Materi yang tak ada di sekolah umum ada di sana. Pengajarnya berbeda-beda, bisa siapa saja yang merelakan ilmunya dibagi pada peserta belajar.

Sarana olah raga di KJD juga cukup lengkap. Mulai dari lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, sampai dengan flying fox. Kegiatan ini biasanya ramai ketika akhir pekan. Banyak juga sekolah-sekolah dasar yang mengadakan outbond ke KJD. Mereka bisa belajar tentang alam, bagaimana mengelola sawah, berkebun, sampai dengan bermain perahu karet.

Selain fasilitas tempat belajar dan bermain, disana juga terdapat museum Kandank Jurank Doank. Dimana tersimpan sejarah kehidupan Dik Doank dari masa kecil sampai saat ini. Kebanyakan isi museum adalah hasil kesenian dari Dik Doank, mulai dari lukisan, foto, sampai dengan barang-barang yang memiliki nilai sejarah penting untuknya.

Kandank Jurank Doank dapat dikunjungi setiap hari tanpa dipungut biaya. Pengunjung baru dikenai tarif bila ingin menikmati wahana-wahana permainan yang ada.@NASER/TRESNA