Ajak Semua Elemen Bekerjasama Memajukan Pariwisata

majalahteras.com – Drs. Salman Sunardi, M.Pd belum lama dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pandeglang. Menurutnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2018 ada peningkatan menjadi 423 jiwa pertahun sesuai arahan Bupati Kabupaten pandeglang.

Hasil studi banding ke Kabupaten Banyuwangi menunjukkan bahwa ada beberapa progres pariwisata yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Ada beberapa regulasi pariwisata yang dapat diadopsi dari hasil studi banding tersebut sehingga dapat diimplementasikan di Kabupaten Pandeglang

“Secara geografis potensi periwisata Banyuwangi hampir sama dengan Pandeglang, Selain kebersihan ada beberapa cara yang dapat mendongkrak perekonomian rakyat dan berbagai hal yang lainya,” jelas Salman.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang berkomitmen dalam memajukan industri pariwisata di berbagai daerah Kabuapten Pandeglang. Komitmen ini  ditegaskan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding  (MoU) Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kementerian Pariwiasata, dan beberapa Perguruan Tinggi sebagai bentuk peningkatan kualitas kepariwisataan dalam memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Salah satu poin dari MoU tersebut yakni Kementerian Pariwisata dan Perguruan Tinggi akan mempromosikan berbagai destinasi wisata di Kabupaten Pandeglang kepada wisatawan lokal maupun asing,” ucapnya.

Upaya menarik wisatawan ke Kabupaten Pandeglang perlu dilakukan bersama, selain melihat objek wisata juga sarana prasarana wisata harus diutamakan seperti akses menuju objek wisata, selain fasilitas umum seperti homestay, hotel, desa wisata, cendramata khas daerah setempat, seni budaya dan pelaku kreatif.

Oleh karena itu dalam pelaksanaanya perlu menjalin kemitraan antara pemerintah dan pengusaha atau swasta. Untuk itu Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga bekerjasama dengan beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) seperti halnya dengan DPMPB, yang ada kaitannya dengan BUMDES, Dinas Koperasi dan UKM.

“Bagaimana meningkatkan produk home industry, naik pengemasan dan pemasarannya guna meningkatkan perekonomian masyarakat kecil. Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga kebersihan di lingkungan objek wisata, membangun destinasi yang dibutuhkan pengunjung sehingga selain berwisata sekaligus bagaimana cara menarik wiasatawan untuk datang dan merasa betah. Dalam hal ini Disparpora bekerjasama dengan semua pihak dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Pandeglaang,” katanya.

Salman menambahkan, tidak hanya pemerintah, peran serta dukungan masyarakat ikut terlibat dalam menjaga keindahan, keasrian, dan kebersihan objek wisata. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih, mengedepankan sopan santun dalam menerima tamu baik lokal maupun asing.

“Jika semua pihak bisa bekerjasama dan memerankan sesuai bidang masing-masing maka pariwisata di Kabupaten Pandeglang akan maju dan berkembang,”tutupnya.@JUANDA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *