Seluruh Pemda Harus bisa Terhubung SP4N-LAPOR!

oleh
oleh -

MAJALAHTERAS.COM – Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik, Muhammad Imanuddin menegaskan seluruh Pemerintah Daerah harus terhubung dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berbasis online dengan aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

“Semua Pemerintah Daerah harus sudah terhubung dengan sistem kita di SP4N-LAPOR!,” kata Imanuddin saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Pengelola Pengaduan dan Informasi Publik Kemendagri dan Pemerintah Daerah di Ballroom Eboni, Gammara Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/03/2019).

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 4 Tahun 2016, Kementerian PANRB dalam mengajak seluruh Pemda mengintegrasikan sistem pengaduan di masing-masing pemda dengan SP4N-LAPOR! Akan tetap mengakomodir pemerintah daerah yang telah membangun unit atau aplikasi pengelolaan pengaduan sendiri.

Baca Juga  Pimpin Apel Pagi, Agen Perubahan LPP Tangerang Ingatkan Pentingnya Integritas Raih WBK

“Ada daerah yang sudah punya aplikasi, ada yang bisa terintergrasi dan terhubung, ada yang tidak. Pilihannya adalah terintegrasi, jika tidak bisa maka hapus aplikasi yang sudah ada. Bisa terintegrasi asalkan memenuhi standar proses yang sama, standar keamanan yang sama, serta standar teknologi dengan Lapor!” tegasnya.

Pada dasarnya, kehadiran Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) tidak akan menghilangkan sistem pengelolaan pengaduan yang selama ini sudah ada di pemerintah daerah. Apa yang sudah dibangun oleh Pemda tetap berjalan, meskipun instansi tersebut terhubung dengan SP4N-LAPOR!.

Baca Juga  Tutup Program Rehabilitasi Medis dan Sosial Lapas Pemuda Tangerang, Kadivpas Berikan Amanat Kepada WBP

Penanganan pengaduan yang efektif akan memberikan penyelesaian bagi masyarakat serta berkontribusi langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik. Selain itu, pemanfaatan SP4N-LAPOR! dapat mencegah terjadi nya tindak pidana korupsi, mengurangi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat. Oleh karenanya, KemenPAN-RB terus berbenah dan melakukan inovasi dengan ditandai meluncurkan LAPOR versi 3.0 dan peluncuran versi mobile Apps yang akan diluncurkan April 2019 mendatang.

Baca Juga  Tingkatkan Herd Immunity, Pemkot Tangsel Lanjutkan PPKM Level 4

“Saat ini 34 , Kementerian, 97 Lembaga Pemerintah, 507 sudah terhubung dengan SP4N-LAPOR!, pada hari Pers Nasional di Surabaya juga sudah kami luncurkan versi 3.0 yang desainnya lebih anak muda, nanti April juga kami akan luncurkan versi mobile apps,” terang Imanuddin.

Berbagai cara juga telah dilakukan untuk mendorong Pemerintah Daerah terhubung dengan sistem SP4N-LAPOR!, baik dari kegiatan Bimtek, sosialisasi, maupun setiap kunjungan ke daerah. Hal tersebut dipercaya dapat merealisasikan setiap sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik di daerah dapat terhubung dengan sistem SP4N-LAPOR!.(rls).