Pemerintah Galakan Program Pembinaan Ketahatan Keluarga Lanjut Usia dan Renta Agar Tercipta Penuaan yang Sehat

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Hasil Sensus Penduduk Indonesia pada tahun 2020 menunjukkan persentase penduduk Lansia sebesar 9,78% mengalami kenaikan dibanding tahun 2010 silam sebesar 7,59%.

Lansia merupakan salah satu kelompok risiko yang mempunyai tiga karakteristik faktor risiko yaitu biologis, sosial-lingkungan, dan  gaya hidup. Proses lansia agar disikapi secara bijak, sehingga lansia dapat menikmati hari tua mereka dengan sehat dan bahagia.

Plt. Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia Kemenko PMK Ade Rustama mengatakan bahwa pentingnya program pembinaan ketahanan keluarga lanjut usia dan renta demi terciptanya penuaan yang sehat.

Baca Juga  Pemerintah Upayakan Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia

“Penuaan yang sehat yaitu tentang mempertahankan kemampuan fungsional yang memungkinkan seseorang melakukan hal-hal yang mereka hargai, dengan ini pemerintah juga ikut serta dalam menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para lansia” ucapnya saat memberikan pengantar pada Rakor Kebijakan Program Pembinaan Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan secara daring, pada Rabu (25/08).

Baca Juga  Warga Cipondoh Makmur Gelar Penyemprotan Desinfektan

Direktur Direktorat Bina Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Erisman menjelaskan bahwa saat ini pemerintah sudah memiliki Program Lansia Tangguh.

“Program Lansia Tangguh ini dikelola oleh Bina Keluarga Lansia (BKL) yang diukur melalui tujuh dimensi lansia tangguh yaitu dimensi spiritual, kesehatan fisik, lingkungan, intelektual, emosional, profesional, dan sosial kemasyarakatan. Sehingga nantinya seseorang atau kelompok lansia dapat mampu beradaptasi terhadap proses penuaan secara positif sehingga mencapai masa tua berkualitas dalam lingkungan yang nyaman” ujarnya.

Baca Juga  Geliat IMBS Serang Salurkan Bantuan Korban Banjir

Selain itu pemerintah juga memiliki Program Pendampingan Perawatan Jangka Panjang yaitu memberikan pemahaman dan keterampilan dalam Pendampingan dan Perawatan Jangka Panjang bagi keluarga yang mempunyai Lansia yang sudah tidak dapat merawat dirinya sendiri melalui kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL). (*/cr2)

Sumber: kemenkopmk.go.id