Pemkot Cilegon Prioritaskan Kesejahteraan Sosial

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Sosial melaunching Program Penanganan dan Pemberdayaan Fakir Miskin. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kelurahan Bagendung Kota Cilegon, Selasa (15/08/2017).

Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi menyampaikan bahwa program penanganan fakir miskin merupakan komitmen Pemerintah dalam mensejahterakan Masyarakat.

“Program penanganan fakir miskin ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Pemerintah Kota Cilegon dalam mengemban amanat undnag-undang yaitu mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan sosial yang kita launching pada hari ini,” ujarnya.

Iman menjelaskan bahwa penanganan fakir miskin perlu dilakukan secara terarah dan berkelanjutan dan perlu peran seluruh Masyarakat.

“Hal yang perlu diingat juga bahwa penanganan fakir miskin perlu dilakukan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah pusat, Pemerintah daerah dan juga peran serta masyarakat,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Pemkot Cilegon memberikan program Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM) yang merupakan program bantuan sosial.

“JSCM merupakan salah satu program Pemerintah Kota Cilegon berupa bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada keluarga dari masyarakat fakir miskin dan tidak mampu yang terdaftar dalam basis data terpadu program kesejahteraan sosial untuk menunjang pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan dan kesehatan,” jelasnya.

Selain JSCM, Pemkot Cilegon juga menggulirkan program bantuan perlengkapan sekolah yang berada dalam lembaga kesejahteraan sosial anak.

“Bantuan perlengkapan sekolah ini akan disalurkan kepada 250 anak, bantuan ini ditujukan untuk memberikan stimulan kepada anak usia sekolah dalam panti untuk bisa lebih bersemangat dan berprestasi dalam menempuh pendidikan,” katanya.

Dalam kesempatab itu Iman juga menggulirkan program rumah tidak layak huni yang difungsikan memperbaiki rumah yang tidak layak.

“Program bantuan berikutnya adalah rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, bantuan ini dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi rumah fakir miskin agar tercipta kondisi rumah yang layak sebagai tempat tinggal dalam rangka peningkatan kesejahteraan Masyarakat,” tuturnya.

Iman berharap dengan bantuan ini, masyarakatnya bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin agar sesuai dengan peruntukannya.

“Diharapkan para penerima manfaat program bantuan Pemerintah ini senantiasa mempunyai semangat untuk selalu berusaha mengembangkan potensinya dan tekad serta kemauan untuk memperbaiki dirinya agar lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Abadiah menjelaskan bahwa tujuan dilaunchingnya program ini untuk meningkatkan kualitas masyarakat Kota Cilegon.

“Tujuan program penananganan fakir miskin ini adalah agar menurunnya angka fakir miskin di Kota Cilegon, meningkatnya kualitas masyarakatnya, kualitas tempat tinggalnya, meningkatknya pemberdayaan dan ketahanan sosial masyarakat dalam mencegah masalah kemiskinan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon,” tuutrnya.

Selain program tersebut, Pemerintah Kota Cilegon juga memberikan program keluarga harapan, bantuan pangan non tunai danpenyerahan hadiah lomba posyantek yang dihadiri Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Pimpinan BJB, Pejabat Pemerintah Esselon II & III dan juga alim ulama.***