Siap-Siap! PNS Kemhan dan Kemlu Pindah Duluan ke Ibu Kota Baru

oleh
oleh -

JAKARTA – Ada tiga kementerian yang diperkirakan akan pindah lebih dulu ke ibu kota baru negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketiga kementerian tersebut yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan. Ketiganya akan pindah lebih dulu bersamaan dengan kantor Presiden dan Wakil Presiden.

“Jika kantor presiden dan wakil presiden pindah sebelum 2024, maka tentu beberapa kementerian baik misalnya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan minimal public office yang akan pindah ke IKN,” ujarnya Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bidang Sektor Unggulan dan Infrastruktur, Velix Vernando Wanggai dikutip Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga  Dinkes Banten Lauching Vaksin Bagi Nakes Lansia

Selain ketiga kementerian tersebut, lanjut Velix, pemerintah akan memindahkan kantor kementerian lain secara bertahap ke IKN. Nantinya, pemerintah akan menyeleksi kementerian mana saja yang bersifat esensial.

“Tentu pertimbangkan kementerian lain yang terkait dengan dukungan kebijakan negara,” katanya.

Kementerian yang dipertimbangkan segera pindah ke Ibu Kota Negara baruselanjutnya adalah Kementerian Keuangan. Sebab, peran Kementerian Keuangan punya sisi peran dan Sumber Daya Manusia (SDM) cukup besar. “Tentu Kementerian Keuangan juga (dipindah) bertahap,” jelas Velix.(Dede).

Baca Juga  Koperasi PPDK Lapas Pemuda Tangerang Raih Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat KPRI Kota Tangerang