Implementasi Program Kurikulum Merdeka Sekolah SDN 1 Bejod Gelar Pasar Jajanan Teradisional

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Guna mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka Sekolah Dasar Negri (SDN) 1 Bejod melakukan inovasi dengan menggelar kegiatan pasar jajanan tradisional yang dilaksanakan di depan gedung Sekolah SDN 1 Bejod Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Pada Kamis (16/03/2023).

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dadan Rusman Wardana Camat Kecamatan Wanasalam, Suyono Korwil Pendidikan Wanasalam, Para Dewan Guru, wali murid dan para tamu Undangan.

 

Ada sebanyak 60 jenis kue makanan Tradisional yang dibuat dan didagangkan oleh anak – anak siswa siswi SDN 1 Bejod pada kegiatan Market Day hari ini.”Kata Hida Nurhidayat Kepala Sekolah SDN 1 Bejod saat ditemui wartawan dilokasi kegiatan

Baca Juga  Kompak, Lapas Cikarang Gandeng Forkopimda Kabupaten Bekasi Ikuti Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 

Menurutnya, Kegiatan Market Day ini merupakan salah satu inovasi kegiatan Program P5 kurikulum merdeka yang kami kemas dan kami desain agar para siswa memiliki pengalaman dalam membuat makanan kue tradisional. Semua ini bisa terlaksana atas kerjasama antara kami para dewan guru bersama orang tua siswa untuk melatih anak – anak agar mampu dan bisa membuat kue – kue tradisional.

Harapannya agar tertanam dimensi kebinekaan global bagi anak – anak bisa menghormati bisa mencintai karya karya nenek moyang terdahulu selain itu kita tidak lupa dengan khazanah makanan nenek moyang kita terdahulu yang sudah hampir punah.”Katanya.

Baca Juga  H. Embay Jadi Narasumber Pelatihan Leadership Advance dan Training di JBS

Menurut Hida, kegiatan ini juga bisa untuk menanamkan budaya gotong royong dan kekompakan antar kelompok masing – masing, seperti halnya mereka memiliki tugas dan membawa bahan kue antara satu sama lain yang dikumpulkan dalam satu kelompok. Tujuan adanya kegiatan ini untuk memotivasi anak – anak agar mau mengembangkan makanan – makanan teradisional.”Ucapnya.

 

Ditempat yang sama, Suyono Kordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Wanasalam juga menyampaikan.

“Semoga kreativitas yang dilaksanakan oleh anak – anak dan Guru di SDN 1 Bejod Kecamatan wanasalam ini menjadi inspirasi bagi sekolah – Sekolah yang lain agar bisa mengikuti dan menanamkan bakat anak untuk bisa membuat dan mengenal makanan kue teradisional seperti makanan kue gemblong, ranginang, rampeyek, tape ketan, bubur bolohok, kakacangan dan bayak lagi yang lainnya, sekaligus kegiatan ini juga merupakan implementasi salah satu program pendidikan P5  kurikulum merdeka. “Katanya.

Baca Juga  Pj.Desa Purwaraja: Perlu Sinergi Bersama dalam Upaya Membangun Desa

Sementara Dadan Rusman Wardana Camat Kecamatan Wanasalam Sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut

“Ini merupakan kegiatan awal yang sangat bagus dan perlu dibina terus untuk dikembangkan agar anak – anak mengetahui bahwa makanan tradisional juga banyak jenisnya dan tidak melupakan sejarah supaya mereka tidak terkontaminasi dengan makanan – makanan modern yang sekarang cukup banyak.”Singkatnya.@Rijal