Guru Bukan Sekedar Profesi

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Kesejahteraan bukan hanya sekedar materi, tetapi juga kenyamanan yang didapat di tempat kerja. Dosen Mata Kuliah MKP Motorik AUD Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Banten, Larasati Nur Indah Prawesti menjelaskan, ada dua hal yang membuat seseorang mau bekerja, yakni materi dan kenyamanan.

“Selain materi, ada aspek lain kenapa seseorang mau menjadi guru, yaitu kenyamanan, dalam arti nyaman bekerja dan soal hati. Karena bagi kami, guru bukan sekedar profesi, tetapi juga panggilan jiwa,” katanya

Baca Juga  Universitas Terbuka Serang dan PWI Banten Teken Kerjasama

Ada tugas mulia yang diemban oleh seorang guru. Ia tetap gigih dan amanah karena ingin pendidikan di Indonesia lebih maju dari negara lain.

“Saya pernah mengalami juga, terus bekerja namun gaji sangat jauh dari cukup. Namun kita sebagai manusia haruslah menjadi yang kreatif, berusaha untuk tetap mendapat uang atau gaji bukan hanya sebagai guru honorer. Jangan malu untuk melakukan usaha, asal usaha tersebut baik dan halal. Terus berjuang dan yakin bahwa apapun yang telah dilakukan akan membuahkan hasil di kemudian hari,” jelas Sarjana Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP), Program Studi PAUD, Universitas Negeri Malang.

Baca Juga  Harus Ada Kebijakan yang Jelas

Untuk memaksimalkan perkembangan anak, menurutnya, jangan pernah menuntut siswa menguasai semua mata pelajaran, namun asah keahliannya.

“Mendidik itu bukan memaksa tetapi membantu utk berkembang menjadi maju dan terbaik,” pungkasnya.

“Semoga pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi, minimal setara dengan negara yang sama berkembangnya,” harap dara alumnus Magister PAUD Program Studi Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Surabaya ini.@IMAN

Baca Juga  Sistem Pelacakan secara Mandiri Penilaian Angka Kredit Resmi Diluncurkan