Pendidikan Karakter Penguat Bangsa

majalahteras.com – Sejak tahun 2010, di Provinsi Banten telah banyak didengungkan tentang pendidikan karakter. Pada dasarnya pendidikan karakter ini dirumuskan guna membentuk bangsa yang kuat dan berkarakter, bermartabat serta disegani di dunia internasional.

“Untuk menjadi bangsa dan negara yang semacam itu perlu penerapan pendidikan karakter yang benar. Semua elemen kenegaraan dan bangsa harus ikut andil dalam pelaksanaan pendidikan karakter ini. Di berbagai ranah baik itu pendidikan maupun yang lainnya harus ikut membangun karakter bangsa secara utuh,” ucap Sultan Banten, RB Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmaja.

Banten tidak bisa lepas dari sejarahnya yang lekat dengan adat kesultanan, adat pemerintahan, adat ulama, dan seluruh pihak harus bisa bersinergi dengan para umaroh dan jawaranya agar masyarakat Banten mempunyai sifat yang berkarakter dan berciri khas Banten yang religious.

Dalam model pembelajaran pendidikan karakter terdapat beberapa variasi seperti yang telah dipaparkan di atas, bahwa terdapat pendidikan nilai karakter dengan basis kasih sayang, media massa, IT, agama, dan dari adanya berbagai basis yang dapat digunakan untuk pembelajaran nilai karakter.@IMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *