Mari Bijak Bermedsos, Jangan Asal Klik-Upload

MAJALAHTERAS.Com – Pendidikan jurnalistik sangat penting karena selain untuk memfilter dampak negatif perkembangan era informasi sekarang, sekaligus juga memberikan bekal kepada siswa tentang bagaimana seharusnya mereka bersikap di internet.

“Dengan pedidikan jurnalistik, siswa dapat mengerti tanggung jawab mereka ketika mereka berselancar di dunia maya. Karena alasan itulah akhirnya jurnalistik menjadi sangat penting. Makanya jurnalistik termasuk pada salah satu ekstrakurikuler di sekolah kami,” papar Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cinangka, Sunariah, S.Ag, M.Pd.I.

Pendidikan jurnalistik juga sangat relevan dengan kurikulum sekolah. Selain bisa dijadikan ekstrakurikuler, selama ini jurnalistik juga sudah disisipkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Disitu siswa diajarkan bagaimana menulis dan berbahasa yang baik dan benar.

“Saya selalu berpesan kepada anak didik dan guru, bahwa pengetahuan jurnalistik menanamkan sikap bijak bermedia sosial, bijak menggunakan gadget dalam artian bijak memilah mana informasi benar dan mana yang salah. Oleh karenanya saya penekanan kepada guru dan siswa agar bijak bermedsos, jangan asal klikupload,” katanya.@IMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *