Wow, Ternyata Ini Daftar Kendaraan Terbesar Yang Ada di Dunia Buatan Manusia

oleh
oleh -
Bagger 288 dan Bagger 293

MAJALAHTERAS.COM  – Setiap tanggal 22 November diperingati hari Perhubungan Darat Nasional. Untuk melancarkan perhubungan darat, perlu adanya transportasi. Di zaman sekarang, transportasi menjadi salah satu aspek yang tak dapat dipisahkan dari hidup manusia.

Kita butuh adaanya transportasi untuk bepergian atau mengirim barang setiap harinya. Nah maka ari itu, manusia terus berlomba menciptakan berbagai moda transportasi seefisien mungkin. Namun dalam beberapa keperluan, dibutuhkan adanya kendaraan untuk mengangkut benda-benda yang luar biasa besarnya.

Tahukah kalian kendaraan terbesar apa yang pernah merayap di daratan Bumi?

Berikut 7 kendaraan darat terbesar yang pernah dibuat oleh manusia.

 

  1. Big Muskie

Kendaraan yang satu ini berfungsi untuk “melahap” gunung jika diartikan secara harfiah. Big Muskie dibuat untuk Central Ohio Coal Company pada 1969. Kendaraan ini adalah mesin penggali terbesar dengan satu bucket yang pernah dibuat. Dalam satu kali gali, Big Muskie bisa menelan 295 ton tanah. Berat dari kendaraan ini mencapai 14 ribu ton, berukuran panjang 149 meter dan lebar 46 meter.

Baca Juga  Prabowo-Titiek Soeharto Rujuk, Indonesia Lebih Sejuk

 

  1. F60 Overburden Conveyor Bridge

Tidak heran jika Jerman memiliki ekonomi yang cukup kuat, salah satu faktornya adalah produksi batu baranya. Salah satu perusahaan tambang di Jerman menggunakan F60 Overburden Conveyor Bridge ini untuk menggali batu bara.

Mesin tersebut akan mengangkut segala kotoran, tanah, hingga batu yang merupakan bahan-bahan tak diperlukan dalam pertambangan. F60 Overburden Conveyor Bridge memiliki berat hingga 12 ribu ton.

 

  1. Bagger 288 dan Bagger 293

Selain F60 Overburden Conveyor Bridge, perusahaan tambang di Jerman juga menggunakan Bagger 288 dan Bagger 293. Kendaraan ini dibuat pada 1990-an, mesin-mesin ini adalah kendaraan terbesar di dunia. Butuh setidaknya 10 tahun dalam pembuatannya. Lima tahun pertama untuk mendesain dan lima tahun lagi untuk membangun kendaraan ini. Setiap harinya, mesin ini mampu mengangkut 240 ribu batu bara alias sebesar lapangan sepakbola yang digali hingga 30 meter ke bawah.

Baca Juga  Mendagri: Keberhasilan Program Desa Kuncinya Penguatan Aparatur Desa

Bagger 288 mengalahkan Big Muskie sebagai kendaraan terberat yaitu berukuran 13.500 ton. Sedangkan Bagger 293 memecahkan rekor tersebut dengan beratnya yang mencapai 14.200 ton. Mungkin kalian bisa sekilas melihat mesin ini dalam film Hunger Games: Catching Fire dan Ghost Rider: Spirit of Vengeance.

 

  1. NASA Crawler Transporter

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana cara roket luar angkasa dipindahkan? Ya, pusat program dan penelitian luar angkasa Amerika Serikat atau biasa kita kenal dengan NASA, harus membangun dua kendaraan raksasa untuk mengangkut roket ke tempat peluncurannya.

Baca Juga  WTP Sebagai Bentuk Kerja Keras SKPD

Kendaraan ini dibangun pada 1965 dan berukuran 40 meter x 35 meter.

Masing-masing kendaraan tersebut dilengkapi dengan dua mesin diesel V16 dengan 2.750 horsepower. Karena saking beratnya, angkutan ini hanya mampu berjalan maksimal 3 kilometer per jam. Crawler Transporter ini juga memegang rekor sebagai kendaraan terbesar yang punya sumber tenaga internal.

 

  1. Caterpillar 797

Sebuah perusahaan tambang, memang membutuhkan kendaraan-kendaraan super besar. Salah satu kendaraan yang dimiliki adalah truk Caterpillar 797. Meskipun memiliki bentuk seperti truk biasa, namun ukuran truk ini diperbesar hingga belasan kali demi mengangkut 400 ton bijih tambang sekali jalan.

Wah luar biasa besarnya ya. Meskipun kendaraan tersebut berasal dari luar negeri, semoga saja Indonesia mampu memiliknya dan dapat membantu meningkatkan ekonomi negara kita.

 

(Dede).