WBP Lapas Cilegon Gali Potensi Dengan Membaca Buku di Perpustakaan Keliling

oleh
oleh -

CILEGON – Lapas Kelas IIA Cilegon Kantor WIlayah Kemenkumhan Banten, kembali kedatangan Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPKAD) Kota Cilegon, Senin (05/12) siang.

Kedatangan Pusling selalu ditunggu warga binaan di Lapas Cilegon. Mereka, mengisi kekosongan waktu dengan membaca buku-buku yang ada demi menggali potensi dan menambah wawasan. Salah satu warga binaan, A-N mengungkapkan antusiasnya dengan Layanan Perpustakaan Keliling ini.

Baca Juga  Sekjen Kemendagri Buka Pertemuan Nasional Pejabat Kehumasan Tahun 2019

“Alhamdulillah, dengan membaca wawasan saya bertambah. Buku juga menjadi media saya untuk menggali potensi diri. Saya harap Layanan Perpustakaan Keliling ini rutin digelar setiap hari,” ungkapnya.

Sejauh ini, Perpustakaan Keliling yang didatangi dari DPKAD Kota Cilegon memang hanya berkunjung satu hari dalam seminggu. Pusling dibuka dari pukul sembilan hingga pukul dua belas siang, Waktu Indonesia Barat.

Baca Juga  Bertemu Presiden, Kepala Otorita IKN Jelaskan Tiga Aspek Penting Pembangunan IKN

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim buku-buku yang dibawakan kepada warga binaan dapat menjadi referensi untuk menjadi insan yang lebih baik.

“Dengan bekal yang didapat dari membaca, diharapkan memacu semangat para warga binaan untuk melakukan hal yang positif dan berguna untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar,” ungkap Kalapas saat dikonfirmasi di ruang kerja.

Baca Juga  Terlalu Ramai, Dewan Soroti Prokes di Transmart Cilegon

Membaca buku merupakan hak bagi setiap warga negara, tak terkecuali bagi mereka yang sedang menjalani masa hukuman dan menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan. Dengan membaca setiap orang dapat memperkaya ilmu pengetahuan. Kebiasaan membaca juga turut memperluas kosakata dan keterampilan komunikasi. Tak hanya itu, membaca juga efektif meningkatkan memori dan meningkatkan fokus seseorang. (Red)