Warga Binaan Lapas Cikarang Penuh Semangat Ikuti Lomba Latihan Gabungan dan Perkemahan Lapas/Rutan/LPKA Se-Jawara

oleh
oleh -

Cikarang Pusat – Lapas Cikarang Sabet Juara 1 Dalam Lomba Latihan Gabungan dan Perkemahan Lapas/Rutan/LPKA Se-Jawara.

Kegiatan Latihan Gabungan Kepramukaan Lapas/Rutan/LPKA se-Jawa Barat mulai dilaksanakan pada Jum’at (5/07/2024) dan dibuka oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan, Erwedi Supriyatno mewakili Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Dalam pembukaan tersebut hadir langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Lapas Kelas IIA Cikarang beserta seluruh Kepala Lapas/Rutan/LPKA se-Jawa Barat, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Sukabumi.

Pada sambutannya, Erwedi Supriyatno menyampaikan sambutan Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang berisikan maskud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Baca Juga  Program Bapa Keling Sangat Membantu Masyarakat di Papua

“Kegiatan ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kepribadian warga binaan pemasyarakatan di Lingkungan Lapas, Rutan dan LPKA dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat” ucapnya (Erwedi)

Selain itu, Erwedi berharap bahwa kegiatan kepramukaan ini juga bisa meningkatkan sikap kedisiplinan, kepedulian terhadap sesama, jiwa persatuan dan kesatuan Bangsa serta Jiwa Kewirausahaan bagi warga binaan pemasyarakatan.

Lapas Cikarang yang dalam kesempatan ini mengirimkan 10 (sepuluh) narapidana yang merupakan anggota Pramuka.

Mengusung tema “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Generasi Bangsa Didasarkan Trisatya dan Dasa Dharma” sehingga warga binaan bisa menjadikan perkemahan dan latihan gabungan ini menjadi pertemuan yang sehat, menyenangkan, mengesankan, nyaman, sopan, bersih, tertib dan teratur. Kegiatan latihan gabungan dan perkemahan tersebut dilaksanakan dengan selama 3 hari 2 malam mulai tanggal 5 – 7 Juli 2024 di Lapas Warungkiara.

Baca Juga  Pencurian Mobil di Pekanbaru Berakhir Tragis, Sopir Maxim Ditikam dan Pelaku Dibekuk

Dengan didampingi langsung oleh Kepala Lapas Cikarang, Imam Sapto Riadi, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik, Kepala sub seksi bimbingan kemasyarakatan dan perawatan serta pembina Pramuka, Para Narapidana menunjukkan berbagai macam skill keterampilan dalam bisa kepramukaan melalui lomba dan materi yang diikuti.

Adapun perlombaan yang diikut mulai dari Lomba Penampilan Yel-yel, Lomba Baris Berbaris, Lomba P3K, Lomba PUPK, dan Lomba Pioneering.

Kepala Lapas Cikarang turut menyampaikan rasa bangga terhadap 10 (sepuluh) anggota Pramuka perwakilan Lapas Cikarang itu.

Baca Juga  Kemendagri Gelar Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional dalam Rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu 2019

“Alhamdulillah dengan mengucapkan rasa syukur, kami tentu patut bangga terhadap apa yang telah dicapai oleh Warga Binaan kami”, kata Imam.

“Kami meraih Juara 1 pada Lomba Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), dan Juara 3 pada Lomba Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Kepramukaan (PUPK)” tuturnya.

Imam menegaskan bahwa persaingannya tidak mudah, sesuai dengan laporan ketua panitia, ada total 29 regu yang mengikuti kegiatan dengan masing-masing regu beranggotakan 10 narapidana dari setiap Lapas/Rutan/LPKA.

“Kita tentu berharap warga binaan dapat meningkatkan kreatifitas, produktif dan edukatif, serta dapat mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, kecakapan, keterampilan dan pengalaman pramukanya” harap Imam. (Humas/Yas)