Tingkatkan Literasi Ekonomi, PUB Akan Gelar Webinar Berseri

oleh
oleh -

MAJALAHTERAS.com – Bidang Ekonomi Perkumpulan Urang Banten (BUP) akan menyelenggarakan Webinar seri ke 3 pada Kamis, 9 Juli 2020 dengan tema “Operasional, Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah” dengan narasumbernya Wahyu Avianto, Direktur Bank BNI Syariah dan Rizqullah Wakil Ketua Umum Bidang Ekonomi PUB.

Ketua Umum MUI Provinsi Banten K.H. Romly juga akan memberikan sambutan. Webinar ini merupakan kelanjutan dari 2 seri sebelumnya dengan tema “Ekonomi Islam utk Keadilan Ekonomi Indonesia” dan Peran KNEKS Dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia” masing-masing 25 Juni 2 Juli 2020 yang lalu.

Baca Juga  Gaji Naik, Ini yang Wajib Dilakukan

Menurut Rizqullah, sebagai penggagas webinar yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi PUB, webinar dengan tema besar tentang “Ekonomi dan Keuangan Syariah” akan terus dilaksanakan setiap minggu dengan mengangkat tema-tema yang lebih spesifik.

Lebih lanjut, Rizqullah menjelaskan Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk menjalankan ajaran Islam dalam kehidupannya secara kaffah (keseluruhan) sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 208, yang artinya: Wahai orang yang beriman!, masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan…. Ajaran Islam mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Allah SWT (hablum minallah) dan dengan sesama manusia (hablum minannas).

Baca Juga  Pertamina Tambah Pasokan Minyak dari Sumur Migas di Enam Negara

“Salah satu ajaran Islam yang berkaitan dengan hubungan sesama manusia adalah tentang aktifitas ekonomi yang mencakup aktifitas produksi, konsumsi dan distribusi barang & jasa yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk transaksi keuangan yang berkaitan dengan aktifitas ekonomi tersebut,” terang Rizqullah.

Masih menurut Rizqullah, Provinsi Banten memiliki slogan “Iman dan Takwa serta Akhlakul Karimah” dan masyarakatnya dikenal religius, tetapi menurut hasil survey yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah di Banten hanya 7,3% atau jauh dibawah rata-rata nasional yang mencapai 16%. “Artinya, pengetahuan/pemahaman dan keterampilan masyarakat Banten dalam mengelola aktifitas ekonomi dan keuangannya secara syariah/Islam masih rendah,” terangnya.

Baca Juga  Apakah Usaha Anda Termasuk Penerima Banpres? Cek BLT UMKM 2021 Lewat Link e-Form BRI

Webinar ini diselenggarakan secara berseri oleh Perkumpulan Urang Banten (PUB) dimaksudkan untuk membantu masyarakat Banten khususnya dalam meningkatkan literasinya dibidang Ekonomi dan Keuangan agar dapat menjalankan seluruh kehidupannya secara kaffah sesuai dengan ajaran Islam.(RLS)