Taman Safari Bogor Akan Buka Cabang di Pandeglang, Ini Lokasinya

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Dalam waktu dekat pihak pengembang Taman Safari Bogor akan membuka cabang di Taman Hutan Raya (Tahura) , Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Hal itu dikatakan Pj Sekda Pandeglang Taufik Hidayat terkait rencana Taman Safari Bogor yang berencana membuka cabang taman safari di Pandeglang, Kamis (3/2/2023).

Menurut dia, jika rencana pembuatan kebun binatang tersebut sudah terealisasi , maka itu merupakan peluang besar bagi sejumlah desa di sekitar kawasan Tahura untuk meningkatkan Pendapatan melalui BUMDes dan UMKM hasil karya masyarakat lokal.

Baca Juga  Mayora Berbagi Berkah Ramadhan, Rutan Pandeglang Terima 290 Paket Makanan Untuk Napi

“Kalau disana akan diadakan Kebun Binatang, itu sebetulnya salah satu peluang yang sangat menguntungkan,” kata Taufik.

Dikatakan Taufik, selain sebagai sarana untuk penelitian dan edukasi, keberadaan kebun binatang ini nantinya akan meningkatkan pendapatan Asli Desa (PADes) dan pendapatan masyarakat lokal.

“Karena kalau kita berbicara tentang Kebun Binatang, sebetulnya manfaatnya itu banyak, baik untuk penelitian, edukasi termasuk juga peluang untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal melalui sektor UMKM nya,” ujarnya.

Baca Juga  Banten Diguyur Hujan, Lebak-Pandeglang Jadi Korban Banjir

Menurut Taufik, ketika rencana itu sudah terealisasi, maka yang akan diuntungkan tidak hanya satu desa, melainkan desa terdekat lainnya juga bisa gabung bersama-sama melalui BUMDES bersama.

“Desa satu dengan desa yang lain, umpamanya mempunyai rencana akan menghabiskan dana Rp3 miliar. Kalau hanya 3 desa saya rasa tidak mungkin bisa, tetapi kalau 6 desa, 1 desa investasinya di BUMDES itu Rp500 juta, kan lumayan,” ujarnya.

Lebih lanjut Taufik menegaskan, pemerintah daerah  akan mendorong desa-desa terdekat untuk menjadi desa penyangga Kebun Binatang yang merupakan Cabang dari Taman Safari, Bogor tersebut.

Baca Juga  Harga Beras di Kota Serang Sudah Mulai Turun

“Pemkab akan mendorong desa-desa di sekitarnya, untuk melirik peluang usaha tersebut guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan pendapatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Pelaksana Pengembangan dan Pemanfaatan Kawasan Tahura Banten, Adi Yahya membenarkan rencana tersebut.

Dikatakan Adi, rencana pembuatan Kebun Binatang di Kawasan Tahura Carita itu masih dalam tahap kajian dan konsultasi. “Betul, tapi baru kajian dan konsultasi,” katanya.@Juanda