Semarak HUT PGRI Ke-78 dan Hari Guru Nasional 2023, Berbagai Lomba Digelar

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional 2023 berbagai rangkaian kegiatan seperti sepak bola, bola voli, tarik tambang, paduan suara, qosidah dan bakti sosial.

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus dan anggota PGRI dari enam ranting se Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang, dan mengusung tema “Transfornasi Guru Wujudkan Indonesia Maju” Rangkaian kegiatan dilaksanakan dari tanggal 21 s/d 25 November 2023, yang dihelat di alun-alun dan gedung PGRI Kecamatan Menes. Jumat (24/11/2023)

Mugni, Ketua PGRI sekaligus penanggung jawab kegiatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2023 mengatakan, tujuan diadakanya beberapa agenda kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jiwa profesional dan solidaritas antara sesama pengurus dan anggota PGRI cabang Menes.

Baca Juga  Pendidikan Agama Membentuk Karakter Tangguh Pada Anak

“Semoga kolaborasi terus terjalin dengan baik. Dan pada moment HUT PGRI ini kami mengajak kepada seluruh tenaga pendidik agar melaksanakan tugas secara efektif dengan menerapkan proses pembelajaran di dalam kelas secara maksimal menyenangkan,” katanya.

Ia menambahkan, guru adalah kunci utama dalam transformasi pendidikan.

“Gurulah yang memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang unggul dan berdaya saing,” ujar dua.

“Guru juga berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga mereka menjadi pribadi yang berintegritas, berakhlak mulia dan berjiwa pancasila. Oleh sebab itu kepada seluruh tenaga pendidik agar melaksanakan tugas secara efektif. memberikan bekal ilmu yang baik kepada peserta didik,” Imbuhnya.

Mamat Rahmat, selaku Ketua Pelaksana sekaligus Guru SMPN 2 Menes, saat diwawancara melalui telepon selular mengatakan, kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahmis esama pengurus dan anggota PGRI.

Baca Juga  280 Mahasiswa Ikuti Pembekalan KKM STIE Prima Graha-STKIP Pelita Pratama

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh guru yang telah berpartisipasi menyukseskan rangkaian kegitan pada HUT PGRI ke 78 dan Hari Guru 2023 ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mamat mengatakan, rangkaian kegitan penutup upacara peringatan HUT PGRI ke-78 dan Hari Guru 2023. Dilanjut dengan pengumpulan donasi kemanusiaan sekaligus pengundian doorprize, penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan memberikan penghargaan kepada 15 orang guru yang telah purnatugas (pensiun) dari tahun 2022-2023.

“Penghargaan tersebut sebagai wujud tanda terima kasih atas pengabdian, pengorbanan, dedikasi, usaha dan upaya yang telah dilakukan untuk mendidik, membimbing, memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik selama masa tugas,” ungkapnya.

Baca Juga  Kuliah Umum, Prodi Magister Ilmu Pertanian Pascasarjana Untirta Hadirkan Pakar IPB

“Untuk itu mereka patut mendapatkan penghargaan karena sangat berjasa dalam pengabdianya dan melaksanakan tugas penuh tanggung jawab,” pungkasnya.

Mamat berharap, seluruh tenaga pendidik yang masih bertugas agar meningkatkan kualitas mutu pendudikan.

“Pasalnya guru memiliki peran penting untuk mendidik dan membimbing peserta didik di kelas secara langsung, kualitas generasi muda ada di tangan guru. Untuk memajukan pendidikan guru harus memiliki kemampuan menginspirasi, menggerakkan, dan memberdayakan peserta didik, serta dapat menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat,” terangnya.

“Sesuai perkembangan zaman terus bergerak maju memiliki motifasi dan inovasi untuk memajukan dunia pendidikan guna mencetak generasi muda yang berkualitas,” harapnya.@Juanda