Sampaikan Amanat Menkumham, Kalapas Cikarang Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

oleh
oleh -

MAJALAHTERAS.COM – Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 diperingati dengan hikmat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang. Upacara yang berlangsung pada Senin, 02 Oktober 2023, dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung hingga selesai, bertempat di Lapangan Upacara Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang beserta jajaran pejabat struktural dan pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang. Tidak ketinggalan, warga binaan pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang juga turut serta dalam upacara ini.

Baca Juga  Ketua Pengprov INKAI Banten Bantah Tuduhan dalam Surat Terbuka Hermawan Sulistyo

Dalam upacara ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang Veri Johannes bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Kepala Subseksi Registrasi menjadi Perwira Upacara dan Kepala Subeksi Pelaporan dan Tata Tertib menjadi Komandan Upacara.

Moment penting lainnya adalah penyematan Tanda Kenaikan Pangkat Pegawai Periode Oktober 2023 dan penghargaan kepada Jawara Lacika Bulan September 2023. Acara dilanjutkan dengan amanat dari Inspektur Upacara yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Dalam sambutannya, beliau mengajak semua pihak untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga  Peringati HBI ke 74, Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Upacara Tabur Bunga di TMP Giri Tunggal

“Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI dan kita harus terus memperkuat pancasila yang sampai saat ini menjadi pedoman kita untuk dapat hidup berdampingan secara damai dan penuh toleransi”.

“Semoga melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun, mari kita jadikan upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia” tutup Veri.

Baca Juga  Isak Tangis Bahagia Warga Binaan dan Keluarga Warnai Kunjungan Tatap Muka di Lapas Pemuda Tangerang

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang berharap agar momentum Hari Kesaktian Pancasila dapat digunakan untuk mengaktualisasikan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat.(***)