Rutan Kelas IIA Palangka Raya Lakukan Studi Tiru ke Lapas Cikarang dan Lapas Pemuda Tangerang

oleh
oleh -

Palangka Raya –Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya beserta jajaran pegawai lakukan kegiatan Studi Tiru  ke Lapas Kelas IIA Cikarang dan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Agenda kegiatan studi tiru diawali dengan mengunjungi Lapas Kelas IIA Cikarang pada pukul 10.00 WIB dan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang pada Pukul 14.00 WIB, Rabu (15/03/2023).

Kunjungan ke Lapas Kelas IIA Cikarang disambut hangat oleh Kepala Lapas yang diwakili oleh Kasi Administrasi dan Keamanan Tata Tertib (Supriyanto) beserta jajaran pegawai Lapas Kelas IIA Cikarang.

Adapun dalam sesi kunjungan jajaran Rutan Kelas IIA Palangka Raya diawali dengan perkenalan dan diskusi singkat yang dilaksanakan di ruang rapat Lapas Kelas IIA Cikarang.

Dalam sambutannya, Kasi Adkamtib menyampaikan situasi dan kondisi yang ada di lapas.

Baca Juga  Percepat proses perekaman KTP-El Bagi Pemula, Disdukcapil Kota Serang kembangkan Inovasi baru “Peremen Kula”

“Kami berharap, apa yang kawan-kawan lihat dan tinjau langsung dari Lapas Cikarang ini boleh bermanfaat bagi pelaksanaan tusi di Rutan Palangka Raya khususnya bagi otimalisasi pelayanan kepada masyarakat. Kami di Lapas Cikarangpun sampai saat ini masih terus belajar sehingga input output dari Rutan Palangka Raya nantinya sebagai evaluasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan apalagi tahun ini Lapas Cikarang sedang berjuang untuk meraih predikat WBBM,” kata Supriyanto.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ruang Layanan Masyarakat, Ruang Kegiatan Kerja, Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), Layanan Warga Binaan terkait inovasi WBK telah dijalankan, Ruang Pendidikan, Dapur Sehat, Klinik, serta Blok Hunian di Lapas Kelas IIA Cikarang.

Peninjauan  yang dilakukan oleh jajaran Rutan Palangka Raya di seluruh area Lapas Cikarang ini sangat memacu semangat bagi seluruh jajaran pegawai Rutan dalam meningkatkan mutu, perluasan ilmu pegetahuan, perbaikan sistem, serta pelayanan yang lebih baik ketika kembali ke daerah nanti.

Baca Juga  Kodim 0602/Serang Bersama DPUPR Kabupaten Serang dan Komunitas Peduli Lingkungan Bersihkan Sungai Ciwaka Pontang

Peninjauan serupa pun dilanjutkan di Lapas Pemuda Tangerang, didampingi oleh Plt. Kalapas Pemuda Tangerang (Salis Farida Fitriani), Kepala Rutan Palangka Raya dan jajaran pegawai disuguhi dengan beragam fasilitas pelayanan masyarakat yang sangat menarik untuk diadopsi di Rutan Palangka Raya, salah satunya Dapur Sehat bagi Warga Binaan.

Selanjutnya, rangkaian kunjungan diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa plakat Getah Nyatu  yang merupakan produk unggulan Warga Binaan yang ada di Rutan Palangka Raya.

Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Ma’ruf Prasetyo Hadianto menyampaikan bahwa agenda studi tiru ini menjadi evaluasi Rutan Palangka Raya dalam upaya melakukan pembenahan serta kekurangan yang masih ada di Rutan Palangka Raya.

Baca Juga  Jokowi Terima Dewan Komisioner OJK

“Sekarang teman-teman jajaran Rutan Palangka Raya bisa melihat sendiri kemajuan serta komitmen yang baik dari Lapas Cikarang dan Lapas Pemuda Tangerang yang telah kita kunjungi. Sasaran yang ingin kita capai tidak hanya menjadi komparasi alih tehnologi, layanan, dan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di Rutan Palangka Raya, akan tetapi dapat langsung kita tiru keberhasilan UPT atau Satker itu untuk pengembangan Rutan Palangka Raya yang lebih baik,” imbuhnya.

 Sebagai bentuk dukungan Rutan Palangka Raya terhadap Lapas Pemuda Tangerang dalam memperoleh predikat WBBM tahun 2023 dilakukan dengan dokumentasi video testimoni.

“Kami dukung Lapas Pemuda Tangerang dalam memperoleh predikat WBBM Tahun 2023,” pungkas Ma’ruf. (Red).