RTM Gelar Banten Thrift Festival

oleh
oleh -
Rumah Tumbuh Manajemen (RTM) kembali membuat gebrakan. Setelah sebelumnya sukses menggelar even-even industri kreatif ini, kini Event Organizer (EO) yang dikomandoi Iip Midun, kini menggelar Banten Thrift Festival (BTF).

MAJALAHTERAS.COM – Rumah Tumbuh Manajemen (RTM) kembali membuat gebrakan. Setelah sebelumnya sukses menggelar even-even industri kreatif ini, kini Event Organizer (EO) yang dikomandoi Iip Midun, kini menggelar Banten Thrift Festival (BTF).

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 34 Thrift shop dari berbagai wilayah Banten dan Jakarta ini, digelar di kawasan parkir Utara Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang. Rencananya kegiatan tersebut akan digelar dari Jumat (30/9) hingga Minggu (2/10).
Dikatakan Iip, meski barang-barang yang dijual dalam acara tersebut merupakan barang bekas, namun semua barang yang dijual dipastikan dalam kondisi sangat baik.

Baca Juga  Heri Susanto Terpilih Menjadi Ketua Bamus Maskot Kota Tangerang

“Barang-barang yang dijual disini semuanya sudah melalui proses seleksi yang ketat, dan harus layak pakai,” ungkap Iip.

Lebih lanjut, kata Iip, ada manfaat tersendiri dalam konsep daur pakai pada kegiatan thrifting ini, khususnya bagi lingkungan. Kata dia, industri tekstil dan garmen, khususnya fast fashion merupakan salah satu penyumbang terjadinya pencemaran lingkungan, antara lain pencemaran air, penggunaan bahan kimia berbahaya, serta meningkatnya jumlah limbah tekstil. “Apalagi, sebagian besar material bahan di industri tekstil adalah bahan yang sulit untuk didaur ulang. Dengan adanya thrifting, secara tidak langsung telah memberi sumbangsih dalam meminimalisir pencemaran lingkungan,” jelasnya.

Baca Juga  Lapas Perempuan Tangerang Resmi Buka Program Rehab Sosial dan Medis Bagi Warga Binaan

Lebih lanjut, Iip menyampaikan, Salah satu daya tarik utama dari thrifting adalah harga barang yang ditawarkan relatif terjangkau. Meski harganya murah, tapi kualitas yang ditawarkan masih cukup bagus. “Ada sejumlah keuntungan bagi masyarakat dengan membeli di BTF, yakni harga murah dengan kualitas bagus,” ucapnya.

Selain itu, kata Iip, dengan kegiatan thrifting, pembeli berksempatan untuk Mix and Match berbagai gaya dan warna. Menurutnya,, beragam model baju yang ditawarkan di thrift shop mungkin terlihat ketinggalan zaman. “Tapi ini bisa menjadi momen untuk kita bisa berkreasi dalam mix and match outfit yang akan dikenakan agar tetap terlihat stylish. Bahkan, kita memiliki kemungkinan besar untuk mencoba gaya baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya,” paparnya.

Baca Juga  Wali Kota Serang Ajak Masyarakat Untuk Aktif Perangi Narkoba

Bukan itu saja, kata dia, pengunjung BTF juga bisa menemukan pakaian unik atau langka dalam gelaran tersebut. Sebab, katanya, saat thrifting kamu akan dihadapkan dengan ribuan model pakaian yang beragam dan jarang sekali ditemukan model baju yang serupa. “Dan banyak lagi keuntungan yang bisa didapat dari thrifting di BTF, tinggal mau atau tidak pengunjung mengeksplor tenda-tenda tenang yang ada disini,” pungkasnya.(**)