Rekaman Data Mobil Vanessa Angel Dikirim ke Jepang

Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis, 4 November 2021. (Foto: Antara)

Jombang – Kapolres Jombang AKBP M Nurhidayat mengatakan pada awal November mereka akan mengirimkan data logger (kotak hitam) milik kendaraan Pajero Sport yang digunakan Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah pada saat kecelakaan.

Hal itu dilakukan untuk melihat penyebab kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol Nganjuk – Surabaya ruas Jombang KM 672+400A yang kini menyeret Tubagus Joddy sebagai supirnya sebagai tersangka.

“Jadi kalau mobil Pajero Sport itu punya alat semacam black box di pesawat yang merekam data yang terdapat pada electronic control unit (ECU) mobil. Itu yang kita kirim ke pihak Mitsubishi di Jepang oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM) di Indonesia. Nanti terkait pencatatan kejadian yang ada dalam bahasanya black box itu hasilnya butuh waktu kurang lebih satu minggu. Dan sejauh ini kita masih dikoordinasikan dengan di negara asalnya di Jepang,” ungkap Nurhidayat dalam keterangan persnya, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga  Breaking News: Prakerja Gelombang 22 Dibuka

Diterangkan Nurhidayat, menegaskan pengiriman alat data perekam mobil Pajero Sport milik Vanessa Angel itu bisa melihat bagaimana kondisi kendaraan sesaat sebelum dan sesaat kejadian Kecelakaan itu.

“Tujuan kami kirimkan alat tersebut ke Jepang adalah kami ingin tahu terkait peristiwa pengereman, apakah kecepatan, fungsi dalam mobil, air bag, bannya, titik remnya gimana, fitur-fitur itu bisa dipakai atau tidak lalu fungsi onderdil-onderdilnya gimana itu nanti bisa diketahui. Dan menurut informasi dari ATPM nya itu bisa kami dapatkan. Nantinya bukti teknis dan hasilnya bisa untuk mendukung penyelidikan kasus kecelakaannya yang saat ini menjerat TJ sebagai tersangkanya,” lanjutnya.

Baca Juga  Mendagri: Dukung Penuh Konsolidasi Demokrasi melalui Sosialisasikan Pemilu 2019 dan Jaga Netralitas ASN

Hingga kini Polisi sendiri masih menunggu hasil dari pembacaan digital black box kendaraan Vanessa Angel yang tengah dikirim ke Jepang itu.

“Kita pastinya akan melibatkan saksi ahli yang nantinya akan disatukan dalam berkas perkara TJ dalam proses hukumnya, jadi kita tunggu yah,” tandasnya.(*/cr2)