Refleksi PUB 2023, Pj Gubernur Banten Jalan Sendiri

oleh
oleh -

M Hasan Gaido selaku Wakil Ketua Umum Bidang Antar Lembaga dan Daerah Perkumpulan Urang Banten (PUB) mengundang kepada para pengurus pusat dan daerah untuk ikut hadir dalam kegiatan evaluasi tahun 2023 dan resolusi tahun 2024 di Sekertariat PUB Kota Serang.

 

Hasan Gaido memaparkan PUB yang sudah berjalan 5 tahun dengan berbagai kegiatan, baik kegiatan sosial diantaranya bantuan tsunami, banjir, gempa, donor darah dan bantuan covid 19.

 

Kemudian, kegiatan ekonomi melakukan berbagai bantuan untuk UMKM di Banten, FGD tentang menyelematkan bank Banten, membentuk KDEKS Banten, melakukan pelatihan seminar bisnis baik se-Banten maupun nasional.

 

Selain itu juga di bidang hukum, PUB telah melahirkan lembaga bantuan hukum jaro urang Banten untuk membantu masyarakat Banten yang terkena kasus hukum dibantu secara gratis.

 

“Baru-baru ini kita dihebohkon seorang peternak kambing pak Muhyani membela diri dan malingnya meninggal karena tusukan guntingnya ternyata ditahan menjadi tersangka, akhirnya saya dan ketua harian Ki Eden datang ke rumahnya pak Muhyani,” ungkap Gaido.

Baca Juga  Bantah Ancam Miryam, Bambang Soesatyo Akan Lapor ke Polisi

 

“Kami diskusi dengan keluarga pak Muhyani termasuk lurah setempat, di hari yang sama bertemu Kapolres Serang berdiskusi kasus pak Muhyani dan alhamdulillah sekarang kasusnya sudah selesai dan pak Muhyani di bebaskan,” imbuhnya.

 

Kata Gaido, berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PUB baik di provinsi maupun di kabupaten/kota adalah untuk masyarakat Banten.

 

“Semua kegiatan tersebut adalah untuk meringankan beban kepala daerah dan jajarannya membangun daerah yang tidak bisa hanya dilakukan oleh pejabat dan pegawai ASN semata tapi harus melibatkan semua pihak termasuk kehadiran PUB,” tuturnya.

 

Ia pun mengucapkan rasa terimakasih kepada Pj Gubernur Banten dan jajarannya yang sudah melakukan sinergi dan kolaborasi diberbagai kegiatan dengan PUB yang masih terasa, yakni kegiatan ulang tahun Banten dan PUB yang diselenggarakan di Gedung Negara Provinsi Banten.

Baca Juga  Kanwil Kemenkumham Gorontalo Lakukan Studi Tiru di Lapas Pemuda Tangerang

 

“Acaranya sangat meriah, dari berbagai organisasi hadir termasuk DPRD Provinsi Banten.

Saya juga mengapresiasi kepada Bupati dan Walikota se-Banten yang sudah bekerja sama dalam berbagai kegiatan bersama PUB,” pungkas Gaido.

 

Lebih jauh ia menerangkan, saat ini PUB sudah berkembang bukan hanya di Banten 8 kabupaten/kota tapi sudah bergerak dengan berbagai kegiatannya oleh pengurus di DKI Jakarta, Bandung Jawa barat, Lampung, Batam Kepri, Medan Sumut dan akan segera dibentuk PUB diberbagai daerah lainnya, bahkan sampai di luar negeri yakni Australia, Saudi Arabia, UAE dan asia serta eropa.

 

Dalam refleksi tahun 2023, M Hasan Gaido menyoroti kinerja Pj Gubernur Banten Al Muktabar setelah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PUB begitu banyak membantu dan meringankan beban pemerintah dalam rangka percepatan kemajuan untuk kesejahteraan dan berkeadilan masyarakat Banten.

 

“Sementara Banten masih banyak kelemahannya diantaranya stunting, pengangguran, pendidikan dan lain-lain. Pengurus PUB dengan berbagai disiplin ilmu ada mantan menteri, para profesor, profesional, mantan sekjen di Kementerian, Mantan Dirut Bank dan para pengusaha nasional tapi tidak ada undangan dan keinginan seorang kepala daerah untuk minta duduk diskusi untuk memberikan masukan bahan solusi dari persoalan yang ada,” cetusnya.

Baca Juga  Polisi Berhasil Tangkap Perempuan Yang Menggelapkan Dana Study Tour SMAN 21 Bandung

 

Menurut Gaido, tidak mungkin seorang Pj Gubernur bisa melakukan semua pekerjaan, lanjutnya, siapapun kepala daerahnya harus melibatkan ABG cantik, akedemisi bisnis government dan Komunita yang bisa diajak bicara untuk mencari solusi.

 

Oleh sebab itu, di resolusi tahun 2024 M Hasan Gaido mengajak semua pihak memajukan Banten dengan jabatan, ilmu dan pengalaman yang dimiliki.

 

“Semoga pesta demokrasi di Banten aman dan lancar, karena urang banten sudah dewasa dan berpengalaman boleh beda pilihan presiden dan partai politik tapi persaudaraan se-Banten lebih utama,” katanya.

 

“Maka 2024 menjadi waktunya kita bersatu bersinergi dan berkolaborasi antara pemimpin dan masyarakatnya,” tutupnya.