Ratusan Warga Minang di Banten Gelar Halal Bihalal

oleh
oleh -

majalahteras.com- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Banten IKM Banten menggelar halal bihalal Idul Fitri 1443 Hijriah. Acara halal bihalal ini diadakan di Hotel Ultima Horison Ratu, Kota Serang.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Halal Bihalal DPW IKM Banten, Ardiasmon menyampaikan, jumlah peserta yang hadir dalam acara ini lebih dari 200 orang, yang terdiri para pengurus DPW IKM Banten, perwakilan DPD IKM se-Banten, serta perwakilan Ikatan Keluarga Kedaerahan Sumatera Barat di Kota Serang. Dirinya menyampaikan, rasa terimakasih sebesar-sebesarnya atas kehadiran para tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara tersebut.

“Apalah arti hajat besar ini, tanpa kehadiran dari para tamu undangan yang hadir. Kesuksesan ini kerja keras kita semua di sini. Di penggujung bulan Syawal ini tidaklah terlambat kita saling menghaturkan minal aidzin wal faidzin,” ucapnya.

Baca Juga  Angin Kencang, Fasilitas Kantor dan Blok Hunian LPP Tangerang Alami Kerusakan

Ditempat yang sama, Ketua DPW IKM Banten, Nofriyadi Eka Putra, menyampaikan bahwa kegiatan halal bi halal ini dilaksanakan untuk mempererat tali persaudaraan sesama warga Minangkabau yang ada di Banten. Menurutnya, pada saat Idul Fitri kemarin, warga Minang di Banten tidak semuanya dapat saling mengunjungi, dikarenakan kesibukan masing-masing.

“Pada kesempatan inilah para warga perantau yang bukan hanya warga Minang saja tapi yang punya darah Minangkabau. Kawin sama orang Minangkabau, saling bertemu, tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi, membersihkan hati, kembali ke fitrah. Sebab dengan menjaga silaturahmi, Insya Allah, Allah akan menjaga kita,” kata Nofriyadi.

Lebih lanjut, Nofri mengajak kepada semua ikatan keluarga untuk terus menjaga tali silaturahmi dan bahu membahu dalam mengangkat derajat warga Minang di perantauan. Dirinya pun berjanji, akan selalu menjunjung tinggi marwah masyarakat Minang dalam setiap langkahnya dalam mengemban tanggungjawab sebagai Ketua IKM Banten.

Baca Juga  50 Tahun Korpri, Semangat Sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa

“Kami akan selalu aktif mengadakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, yang melibatkan semua elemen masyarakat Minang di perantauan, Banten pada khususnya,” ucap Nofri.

Nofri juga menyampaikan, saat ini DPW IKM Banten telah memiliki tujuh Dewan Pemimpinan Daerah (DPD) dari delapan kabupaten/kota yang ada di Banten. DPD-DPD tersebut, kata dia, membawahi total 60 Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

“Saat ini yang belum terbentuk adalah DPD Lebak, yang Insya Allah akan terbentuk alam waktu dekat ini” ungkapnya.

Acara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Penetapan Pengurus DPD, yang diserahkan langsung oleh Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKM, Andre Rosiade kepada Ketua DPW IKM Banten, Nofriyadi Eka Putra, untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing Ketua DPD IKM se-Banten.

Baca Juga  Tak Perlu Bingung, Ini Call Center Prakerja

“Dari 7 DPD, baru 6 yang sudah selesai SK Penetapan Pengurus-nya. Satu lagi masih dalam proses,” ungkap Nofri, saat ditemui wartawan usai acara.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua OKK DPP IKM, Mel Sofyan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRI) dari Dapil Banten II, Yandri Susanto, Asda II Pemerintaan Kota (Pemkot) Serang, Wakil Ketua DPRD Kota Serang, Roni Alfanto dan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Banten.

Halal bihalal ini juga diisi dengan ceramah budaya dari Musra Dahrizal Rajo Mangkuto, atau biasa dikenal dengan nama Mak Katik dan pertunjukan musik dari Alkawi, yang memainkan musik saluang (alat musik khas Sumatera Barat).(**)