Puluhan Warga Binaan Lapas Kelas IIA Serang Ikuti Sosialisasi Pemilu dan Perekaman e-KTP

oleh
oleh -

KORANTANGERANG.COM – Belum lama ini, puluhan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang mengikuti kegiatan Sosialisasi Kirab Pemilu 2024, dan Pendidikan Pemilih di Lembaga Pemasyarakatan yang diselenggarakan oleh KPU Kota Serang. Kamis (30/11/2023).

Kepada para warga binaan, petugas KPU Kota Serang menjelaskan bahwa pada 14 Februari 2024 mendatang, akan ada pemilihan umum (Pemilu). Dimana ada 3 pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

Diantaranya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Saat itu, untuk memfasilitasi warga binaan mencoblos calon anggota legislatif sekaligus pasangan calon presiden dan wakil presiden. KPU Kota Serang akan menyiapkan tempat pemungutan suara khusus di Lembaga Pemasyarakatan.

Baca Juga  Bantu Korban Gempa, PLTU 2 Labuan Peduli Bangun 63 Unit Rumah

Kemudian dalam upaya memenuhi haknya, Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang, juga diberikan kesempatan untuk melakukan Perekaman KTP elektronik bagi mereka yang berdomisili di Kota Serang.

Diketahui bahwa kegiatan yang bertempat di Aula Lapas Kelas IIA Serang ini, turut dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten Jalu Yuswa Panjang, Kepala Lapas Kelas IIA Serang Fajar Nur Cahyono, Kasi Binadik Rudi Hartono, dan Jajaran Petugas Disdukcapil Kota Serang.

Kepala Lapas Kelas IIA Serang Fajar Nur Cahyono mengatakan, dalam kegiatan tersebut, sebanyak 54 WBP yang berdomisili di Kota Serang melakukan pemutakhiran data bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang.

Baca Juga  Museum Negeri Lampung, Saksi Bisu Sejarah Bumi Ruwa Jurai

”Ada 54 WBP yang hari ini melakukan Validasi NIK dan Perekaman E-KTP. Para WBP tersebut secara bergantian satu-persatu melakukan perekaman E-KTP,” katanya.

Kalapas menjelaskan kegiatan validasi dan perekaman e-KTP tersebut tak lain agar para Warga Binaan bisa menyalurkan hak politiknya di Pemilu serentak 2024 mendatang.

Diketahui, dari total 863 warga binaan di Lapas IIA Serang, sebanyak 634 orang di antaranya sudah masuk sebagai daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

Meski demikian, ternyata banyak dari mereka yang mengaku belum tahu siapa saja para kandidat dalam pemilu legislatif ataupun pemilihan presiden serta informasi politik terkini.

Baca Juga  Gara-gara Main MiChat, Puluhan Pria Hidung Belang Jadi Korban Pemerasan Hingga Setengah Miliar

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Hadi Haryanto (38), salah seorang warga binaan di Lapas Kelas IIA Serang.

”Sebelum sosialisasi ini saya tidak tahu calon-calonnya. Di sini jarang komunikasi (lewat perangkat elektronik-red), dan menonton televisi,” ucapnya.

“Sekarang mah sudah tahulah setidaknya (bakal) calon presidennya, ada Prabowo, Ganjar, dan Anies,” imbuh Hadi.

Sekedar informasi, bagi warga binaan yang berdomisili Kota Serang, selain bisa memilih pasangan Capres-Cawapres, mereka juga berkesempatan memilih calon anggota DPRD Kota Serang, DPRD Provinsi Banten, DPR, dan DPD RI.

Sementara, yang berdomisili di luar Kota Serang, hanya berkesempatan memilih pasangan Capres-Cawapres, dan Calon DPD RI.