PJ Ketua TP PKK Yolla Kusuma: UP2K PKK Langkah Kembangkan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

oleh
oleh -

MAJALAHTERAS.COM – Saat mengunjungi wilayah Kecamatan Rawalumbu, PJ Ketua TP PKK Yolla Kusuma mengatakan secara konsisten TP PKK, terus mendorong seluruh kader yang ada di tiap kecamatan maupun kelurahan, untuk menggerakan ekonomi, melalui berbagai inovasi dan kreativitas UP2K binaan PKK bisa tampil diberbagi event.

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK ditingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi.

Usaha ekonomi merupakan strategi alternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, oleh karena itu pendekatan berbasis sosial kemasyarakatan, tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga mencakup pengembangan kemapuan dan keahlian warga atau kader dan anggota rumah tangga. Khususnya keluarga-keluarga yang telah mempunyai usaha.

Baca Juga  Pemprov Sumsel Salurkan Tabung Oksigen ke RS Rujukan Covid Bantuan dari SKK Migas

Pemberdayaan ekonomi keluarga, lanjut Yolla menyampaikan pada dasarnya agar seluruh anggota kelaurga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga bertambah pendapatan keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Pada umumnya seluruh wilayah mempunyai potensi unggulan untuk dikelola dan diolah menjadi makanan, bukan hanya itu, industri kerajinan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi dengan kualitas dan kuantitas masing-masing wilayahnya.

Kegiatan UP2K PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan lingkungan. Produksi yang dihasilkan telah mampu merubah tingkat ekonomi keluarga, sehingga melalui kegiatan UP2K meningkatkan pendapatan keluarga yang memenuhi kebutuhan hidup yang berkecukupan.

Baca Juga  Herman Deru Instruksikan Bentuk Tim Perumus Perda dan Pergub Tentang Pendidikan di Masa Pandemi

PKK juga menyelaraskan program dan pencapaian target-target program yang dikerjakan oleh pemerintah, membentuk gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Dan Alhamdulillah angka stunting di Kota Bekasi terendah, tentunya yang telah dicapai secara baik ini, untuk selalu kita pertahankan dan terus lakukan inovasi guna kemaslahatan masyarakat,” kata Yolla

Untuk menghadapi berbagai tantangan para kader harus mandiri, tetap semangat, kompak dan menghidupkan kepedulian sosial antartetangga, antarkampung, antarsesama dengan memperkuat semangat saling membantu dan bergotong-royong, serta dalam pelaksanaan dapat intens berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat, ucapnya

Baca Juga  KemenKopUKM Gandeng Sejumlah K/L Hubungkan Koperasi dan UMKM dengan Rantai Pasok Global

Di samping itu, Yolla juga mengingatkan pentingnya melek di bidang teknologi, Yolla mendorong para anggota penggerak PKK untuk menumbuhkan kembangkan literasi digital di lingkungan keluarga.

“Literasi digital sangatlah penting, dan tentunya dapat mendukung juga untuk bidang pemasaran,” ucap Yolla

Yolla melanjutkan PKK bersama kader Posyandu juga sebagai garda terdepan untuk mampu mengatasi permasalahan sosial yang dipicu oleh kerentanan keluarga, seperti tingginya kasus kekerasan perempuan, kekerasan terhadap anak, pelecehan seksual, tindak pidana perdagangan orang, angka perceraian, prevalensi stunting, dengan meningkatan kualitas hidupnya sebagai upaya mewujudkan perempuan Kota Bekasi tangguh dan mampu memberdayakan diri. (ADV-HUMAS)