Peringati Hari Lahir Pancasila 2023, Lapas Cilegon Laksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

oleh
oleh -

CILEGON,- Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni merupakan hari penting bagi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki nilai yang sangat besar untuk dijunjung tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk seluruh petugas dan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon.

Dalam peringatannya, seluruh jajaran dan pegawai hingga warga binaan di lingkungan Lapas Cilegon melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman upacara Lapas, Kamis (01/06) pagi.

Baca Juga  Kerjasama Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri dan Ditjen PAS Berhasil Ungkap Peredaran 8,3 Liter Narkotika Jenis Sabu Cair

Upacara berlangsung khidmat. Petugas yang ditunjuk sebagai Pasukan Pengibar Bendera, merupakan Taruna POLTEKIP angkatan ke-56 yang sedang melaksanakan PKL/KKN di Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten, khususnya di Lapas Cilegon.

Bertindak sebagai pemimpin apel, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim mengamanatkan untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadi insan yang berguna bagi Indonesia.

Baca Juga  Walikota Serang Terima Bantuan dari ASN Pemkot Cilegon Untuk Korban Banjir

“Hari Lahir Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang,” ujarnya.

Usai pelaksanaan apel, Kalapas Cilegon Enjat Lukmanul Hakim menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti kegiatan upacara. Para WBP tersebut, diajak untuk menjadi sosok yang berguna bagi bangsa dan negara.

Baca Juga  Kejari Musnahkan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Umum

“Kebangkitan dan kemajuan bangsa kita dari pandemi ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya. Inilah titik berangkat kita,” tuturnya.