Pemkab Lebak Libatkan RT dan RW, Kejar Target Vaksinasi

oleh
oleh -

majalahteras.com – Dalam rangka mengejar target vaksinasi pada awal Desember 2021 capaian giat vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lebak sebanyak 664.639 warga sudah menjalani vaksin atau 62 persen.

Untuk mencapai target di akhir tahun 2021 sebesar 70 persen, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan gencar melakukan giat vaksinasi Covid-19 itu. Bahkan, dalam waktu dekat Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya berencana akan membuat edaran Instruksi Bupati (Inbup) mengenai vaksinasi serentak di 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak.

“Nanti kita akan buat Inbup, karena kita sendiri menargetkan di akhir tahun 2021 ini capaian vaksin sebanyak 70 persen,” kata Iti Octavia saat di Pendopo Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin (13/12/2021).

Baca Juga  Pengembangan Budidaya Bernilai Ekonomi, Lapas Cilegon Bentuk Penanaman Ubi Jepang

Dijelaskan Iti, untuk lebih mendongkrak capaian vaksinasi, pihaknya akan melibatkan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang ada di setiap desa di Kabupaten Lebak. Nantinya, lanjut Iti, RT/RW itu akan melakukan pendataan warganya yang belum menjalani vaksin.

“Data yang berasal dari RT dan RW itu, nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak Desa bersama dengan Puskesmas setempat yang akan melakukan jemput bola ke warga yang belum tervaksin,” terang Iti Octavia.

Baca Juga  Wasev Aslog Kasad Mayjen TNI Jani Iswanto : TMMD Tahun Depan Menjadi Pertimbangan Mabesad

Selain itu, lanjut Iti lagi, pihaknya juga akan menyasar santri-santri yang ada di pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Lebak. Kata Iti, Ponpes di Lebak sendiri belum semua santrinya tervaksin Covid-19.

“Kita memiliki Pondok pesantren terbanyak di Indonesia, namun itu belum dapat kita sasar semua. Para kyai tidak perlu datang ke tempat layanan vaksin, tapi nantinya tim tenaga kesehatan kita yang akan langsung datang ke setiap pondok pesantren,” pungkas Iti.

Baca Juga  Ditanya Soal Politik, Deddy Corbuzier: Mungkin Saya Pengen Jadi Menpora

Terpisah, Ketua RT 01/RW O1, Desa Sumurbandung, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Undana, mengaku siap mendukung program vaksinasi yang digulirkan pemerintah. Karena menurutnya, dengan vaksinasi ada menciptakan herd immunity di masyarakat dan akan mencegah dari penularan virus Covid-19.

“Saat ini kami sedang melakukan pendataan terhadap warga yang belum di vaksin. Kamipun sering memberi himbauan ke warga agar tetap disiplin protokol kesehatan dan mengajak warga untuk segera menjalani vaksinasi,” kata Undana.(Opik Rahman Malik)