Pemenuhan Hak Pendidikan, PKBM Candradimuka Rutinkan Giat Belajar Mengajar Untuk WBP Rutan Bangil

oleh
oleh -

PASURUAN – Jum’at (21/06/2024) Rutan Kelas IIB Bangil Kanwil Kemenkumham Jatim telah memulai langkah inovatif dengan menerapkan kegiatan belajar mengajar bersama PKBM Candradimuka di aula pada siang hari. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk memberikan kesempatan belajar kepada narapidana agar mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka selama masa tahanan. Keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di Rutan Bangil ini membawa angin segar, memberikan harapan bagi para narapidana untuk mengubah arah hidup mereka melalui Pendidikan.

Baca Juga  Lapas Cikarang Gandeng Klinik Angsa Merah Jakarta Gelar Mobile VCT HIV/AIDS Bagi WBP

PKBM Candradimuka, lembaga pendidikan nonformal yang turut berperan dalam program ini, membawa metode pembelajaran yang inklusif dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan belajar para narapidana. Dengan menyelenggarakan kegiatan belajar di aula Rutan pada siang hari, mereka memberikan kesempatan kepada para narapidana untuk terlibat dalam pembelajaran dengan lebih nyaman. Ini menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, di mana setiap narapidana dapat fokus pada proses pembelajaran dan pengembangan diri.

Baca Juga  Perwakilan Rutan Bangil Raih Juara Dalam Ajang Menkumham Cup Kejuaraan Kempo 2023

Langkah Rutan Bangil ini sejalan dengan upaya sistem pemasyarakatan yang semakin mengarah pada rehabilitasi dan reintegrasi sosial. Melalui kegiatan belajar mengajar bersama PKBM Candradimuka, Rutan Bangil tidak hanya memberikan pendidikan formal, tetapi juga membantu narapidana untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dapat membantu mereka ketika kembali ke masyarakat. Dengan demikian, program ini menjadi langkah positif dalam menciptakan lingkungan pemasyarakatan yang lebih humanis dan berorientasi pada pembinaan.

Baca Juga  Kejari Serang dan IAD Salurkan Bantuan Sembako Kepada Korban Banjir