Peduli Lingkungan, PLTU Banten 2 Labuan OMU Bersih-bersih Pantai Ceria Pandeglang

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 2 Labuan OMU menggelar bakti sosial coastal cleanup di Pantai Ceria di Kampung Lampe, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Jumat (11/3/2022).

Kegiatan bersih-bersih sampah yang dilakukan PLTU OMU Banten 2 Labuan sebagai bentuk kepedulian PLTU terhadap lingkungan. Dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan pantai.

General Manager Indonesia Power (IP) PLTU Banten 2 Labuan, I Dewa Made Suci mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai merupakan bentuk kepedulian PLTU dalam menjaga lingkungan.

“Kegiatan itu selain sebagai bentuk kepedulian PLTU terhadap kebersihan, juga dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan,” kata Dewa.

Baca Juga  Gemar Blusukan, Lurah Saruni Gelar Selasa Bersih Bersama Masyarakat

Ia berharap, dengan pantai yang bersih, dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung. Sehingga angka wisatawan yang berkunjung akan meningkat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan coastal cleanup hari ini adalah untuk membersihkan pantai dan tentunya merupakan gerakan untuk mensupport lingkungan yang diikuti oleh stakeholder yang ada di Labuan dan Pandeglang.

“Sehingga ini bisa sinergi juga ya bersama-sama untuk mensupprot kebersihan pantai, dan diharapkan kedepan memberikan lingkungan yang bersih kepada anak cucu kita,” harapnya.

Ia menerangkan, kegiatan yang diikuti sekitar 200 orang dari berbagai kalangan ini di support oleh PLN, Muspika Labuan, Dinas Lingkungan Hidup Pandeglang, TNI Angkatan Laut (AL), LSM pemerhati lingkungan, pramuka, karang taruna, dan masyarakat.

Baca Juga  Siapkan Generasi Milenial Peduli Kemanusiaan, RPYD Al-Ikhlas Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana

Selain dekat dengan PLTU, kata dia, dipilihnya lokasi tersebut juga untuk memberi contoh kepada masyarakat sekitar agar dapat menjaga lingkungan. Menurut dia, perlu edukasi secara terus menerus agar kesadaran masyarakat dapat tumbuh dalam menjaga kebersihan.

“Perlu edukasi juga untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah yang ada di sekitar kita. Sebenarnya sampah ini juga bisa dipisahkan ya antara yang organik dan non organik supaya membantu juga di pihak TPA jadi di situ bisa terpisahkan antara sampah yang ramah lingkungan dan sampah yang tidak ramah lingkungan,” terangnya.

Baca Juga  Majelis Cendekiawan Keraton Bantu Lestarikan Lingkungan Hidup

Adapun total sampah yang terkumpul dari kegiatan tersebut, yakni 443,5 kg sampah organik dan 208 kg sampah non organik. Sampah tersebut langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) oleh DLH.

Selepas membersihkan sampah, panitia juga membagikan doorprize dan konsumsi bagi yang mengikuti kegiatan tersebut. Kelompok pengumpul sampah terbanyak juga diberi hadiah untuk memotivasi agar dapat melestarikan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.@Juanda