Mudik Online Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas

oleh
oleh -
PT Jasa Raharja meluncurkan program silaturahmi online bertajuk "Sayang JR - Silaturahmi Online bersama yang Tersayang Bareng Jasa Raharja" untuk liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2021. (Foto: Dok)

Jakarta – Dinilai jumlah kecelakaan lalu lintas (kecelakaan) dapat dikurangi dengan kembali ke rumah melalui Internet, yang membatasi pergerakan orang. Langkah ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah yang merekomendasikan untuk tetap berada di rumah selama Natal dan Tahun Baru (Nataru)

“Mudik online merupakan solusi bagi masyarakat untuk tetap bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halamannya, tanpa melakukan perjalanan fisik yang berisiko di masa pandemi Covid-19 menyusul merebaknya varian Omicron,” kata Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana pada Sayang JR Talkshow di Jakarta, belum lama ini, dilansir beritasatu.com.

Baca Juga  Sandiaga Menekankan Pentingnya Prokes Selama Liburan Nataru

Dalam keterangan tertulisnya Sabtu (25/12/2021), Dewi mengatakan program tidak mudik pada libur Nataru dibuat sebagai bentuk dukungan Jasa Raharja terhadap kebijakan pemerintah membatasi mobilitas di masa pandemi. Selain itu, mudik online juga menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono menjelaskan data Jasa Raharja periode Januari-November 2021, korban kecelakaan lalu lintas didominasi usia pelajar (6 -25 tahun) sebesar 37% dan usia produktif (26 – 55 tahun) sebesar 42%. Untuk jenis kelamin pria sebesar 68,23% dan wanita 31,77%.

Baca Juga  Yonif 330 Tri Dharma Digeruduk Ribuan Warga, Pagelaran Wayang Golek HUT ke 72 Berlangsung Meriah

“Korban laka didominasi profesi pelajar dan wiraswasta,” kata Rivan.

Sementara penyerahan santunan pada korban pada periode yang sama mencapai Rp 2,15 triliun secara nasional naik 1,7% dibandingkan periode Januari-November 2020 sebesar Rp 2,12 triliun.

Rivan Achmad Purwantono mengatakan, masyarakat bisa men-download aplikasi JR ku untuk memudahkan klaim kecelakaan atau meninggal dunia. “Aplikasi ini termasuk public service payment dan bekerja sama dengan 2.352 rumah sakit (RS),” kata Rivan.

Baca Juga  Sekum KONI Banten Apresiasi Penyelenggaraan Porprov VI, Tuan Rumah Dipastikan Juara Umum

Dalam kesempatan yang sama Raya Kitty, artis/selebgram yang pernah menjadi pembalap motor wanita di Road Race Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengatakan pengendara perlu mengedepankan safety riding. “Ingat safety riding bukan hanya untuk kita, tetapi penting juga untuk menyelamatkan jiwa orang lain,” kata Raya Kitty.(*/cr2)