Miris! Tak Ada Meja dan Bangku, Siswa SDN V Mekarsari Belajar Secara Lesehan

oleh
oleh -

BEKASI – Kondisi miris dialami siswa di SDN V Mekarsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sehari-hari para siswa terpaksa belajar secara lesehan lantaran di sekolah mereka tidak tersedia meja dan bangku.

Selama berlangsungnya proses belajar, siswa harus menunduk untuk menulis. Beberapa siswa laki-laki, bahkan memilih posisi tengkurap bila merasa badan mereka sudah pegal.

Baca Juga  Wali Kota Serang Tinjau Pembangunan Jalan dan Jembatan di Cibeo-Cilengsir

Kegiatan belajar secara lesehan di kelas 5 dan 6 SDN V Mekarsari itu berlangsung sejak pembangunan gedung sekolah rampung pada akhir tahun 2021. Kondisi ini tak ayal mengganggu konsentrasi siswa, sehingga tidak maksimal dalam menyerap pelajaran.

“Iya meja sama bangkunya belum ada, jadi (menulis) di lantai,” kata Elang, siswa kelas 5 SDN V Mekarsari, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga  Komisi I Kunker ke Inspektorat Jawa Barat

Meski memiliki keterbatasan fasilitas, para siswa tetap bersemangat bersekolah. Mereka nampak serius memerhatikan guru saat sedang menerangkan pelajaran.

Permintaan fasilitas pun sudah diajukan pihak sekolah ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. Namun hingga saat ini belum juga terealisasi sehingga siswa terpaksa belajar secara lesehan.

Pihak sekolah berharap pemerintah daerah bisa secepatnya merealisasikan fasilitas meja dan bangku untuk menunjang mutu pendidikan siswa. Begitu pula orangtua siswa yang berharap anak-anak mereka dapat belajar secara normal, agar tidak mengganggu konsentrasi saat belajar. (Red).

Baca Juga  RUU IKN Sah Jadi Undang-Undang